Peristiwa - Nasional

Komisi Informasi: Penyelenggara Pemilu Harus Sampaikan Hasil Pemilu secara Akurat

Komisi Informasi: Penyelenggara Pemilu Harus Sampaikan Hasil Pemilu secara Akurat Ketua Komisi Informasi (KI) Pusat Gede Narayana. (Foto: Humas KI Pusat for TIMES Indonesia)
Selasa, 23 April 2019 - 19:36

TIMESINDONESIA, JAKARTAKomisi Informasi (KI) Pusat mengingatkan ke semua pihak terlebih penyelenggara Pemilu, KPU, Bawaslu dan DKPP agar menyediakan dan menyampaikan informasi terkait hasil pemilu presiden (Pilpres) dan pemilu legislatif (Pileg) kepada publik secara akurat, benar dan tidak menyesatkan.

Menurutnya, hal ini terkait maraknya informasi hasil Pemilu yang simpang siur di media sosial dan mainstream yang meresahkan masyarakat.

“KPU juga harus segera mengoreksi dan mengklarifikasi jika ada informasi yang tidak benar agar tidak menimbulkan keresahan,” kata Ketua KI Pusat Gede Narayana dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Gede mengapresiasi pelaksanaan pemilu 2019 yang memilih presiden, wakil presiden, anggota DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, kabupaten/kota yang  berlangsung aman dan lancar dan tingginya tingkat partisipasi masyarakat yang mencapai 80 persen.

Prestasi besar bangsa menurutnya, menjadi kebanggaan semua pihak dan harus dijaga, apalagi pemilu 2019 mungkin  terbesar sepanjang sejarah pemilu di dunia karena melibatkan lebih dari 192 juta pemilih dan dilaksanakan secara serentak.

Gede menjelaskan UU KIP yang  melahirkan lembaga Komisi Informasi di tanah air  memiliki spirit dan roh tentang keterbukaan (transparansi) dan akuntabilitas pada badan publik.

Untuk menghindari kesimpangsiuran informasi terkait hasil Pilpres dan Pileg, Komisi Informasi Pusat juga meminta kepada semua pihak agar menjadikan penyelenggara Pemilu, seperti KPU, Bawaslu, dan DKPP sebagai badan publik yang berwenang dan dipercaya mengumumkan informasi terkait hasil Pemilu tersebut. (*)

Jurnalis : Ivan Iskandaria (MG-69)
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration