Peristiwa - Daerah

RSUD Bali Mandara Separuh Pasiennya WNA

RSUD Bali Mandara Separuh Pasiennya WNA Kegiatan rangkaian kunjungan kerja Menteri Kesehatan di RSUD Bali Mandara. (FOTO: Ivan Iskandaria/TIMES Indonesia)
Selasa, 23 April 2019 - 19:24

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kadinkes Provinsi Bali, dr Ketut Suarjaya, MPPH mengatakan, RSUD Bali Mandara milik Pemerintah Provinsi Bali, terletak di daerah prime, daerah yang banyak kegiatan, sehingga memerlukan pelayanan kesehatan mulai dari tamu negara VIP atau WNA, wisatawan dan masyarakat umum.

Ia menjelaskan RSUD bertipe B dengan 198 tempat tidur dan 13 isntalasi ini telah 1 tahun memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, kurang lebih sebanyak 4.000 pasien dengan 2.335 pasienya berasal dari warga negara asing.

Terkait dengan layanan kanker, ia menjelaskan bahwa angka kanker 2,3 persen dari jumlah penduduk Indonesia, termasuk kasus Provinsi Bali. Untuk pelayanan kanker, antrianny bisa 1 tahun, baru dapat pelayanan di RS.

“Oleh sebab itu, kami harus membuka layanan kanker ini, sekalipun cukup berat. Saya berharap, layanan kanker ini bukan hanya penyembuhan, tapi juga deteksi dini, sehingga masyarakat dapat mencegah kanker sejak awal”, ujar Kadinkes Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya, MPPH, di Bali, Selasa (23/4/2019)

Menurutnya, sejak awal sudah kerjasama dengan pemerintah Australia, terutama dalam hal pengembangan layanan kanker, sekalipun kerjasama ini harus antar negara, tapi sudah dimulai.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali ini menjelaskan, bahwa RSUD dibangun dengan anggaran murni dari APBD Bali.

"Kami mempunyai pelayanan prioritas penanganan kanker dan pengembangan health tourism, karena provinsi Bali ini banyak mendapat kunjungan wisatawan asing," ungkapnya.

Ia menjelaskan terkait dengan health tourism ini yang menjadi unggulan lainya adalah SPA, karena SPA di Denpasar ini mempunyai layanan spa terbaik di Asia Tenggara. (*)

Jurnalis : Ivan Iskandaria (MG-69)
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration