Peristiwa - Daerah

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Purbalingga Gelar Pelatihan untuk Perpusdes

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Purbalingga Gelar Pelatihan untuk Perpusdes Acara Pelatihan Keterampilan bagi anggota Perpusdes oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Purbalingga di Desa Kalitinggar (FOTO: Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Purbalingga for TIMES Indonesia)
Selasa, 23 April 2019 - 18:57

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Peringati World Book Day (23/4/2019), Dinas Kearsipan dan Perpusakaan Purbalingga, Jawa Tengah menggelar Pelatihan Keterampilan untuk anggota Perpusdes (Perpustakaan Desa).

Acara pelatihan tersebut berlangsung di Desa Kalitinggar, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga, Selasa (23/4/2019).

Plt Kepala Dinas Kearsipan dan Perpusakaan Kabupaten Purbalingga, Imam Hadi, mengatakan instansinya tidak mengagendakan kegiatan untuk pemustaka/pengunjung di layanan baca ataupun perpustakaan keliling, namun Perpusda (Perpustakaan Daerah) menyelenggarakan kegiatan pelatihan keterampilan untuk anggota Perpusdes.

"Pelatihan pelibatan masyarakat terhadap program Perpustakaan Seru (PerpuaSeru) diikuti oleh delapan Perpusdes," katanya.

Adapun pelatihan tersebut, menurutnya, bertujuan untuk mempromosikan keberadaan Perpusdes, menjadikan perpusdes sebagai pusat belajar dan pusat informasi masyarakat yang berbasis TIK, menjadikan Perpusdes sebagi pusat berkegiatan masyarakat dalam bidang pendidikan, kesehatan dan wirausaha.

"Disamping itu, Perpusdes juga menjadi tempat berinteraksinya komunitas-komunitas dan pemuda agar lebih kreatif, positif , berdayaguna. Sehingga masyarakat atau generasi muda dapat mengembangkan potensinya untuk peningkatan kualitas hidup," ujarnya.

Kabid Perpusda Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purbalingga, Goji Sri Pujiarti, juga menerangkan Perpusda sedang melakukan fasilitasi pendirian perpustakaan di setiap Desa/Kelurahan sesuai dengan amanat Perda Kabupaten Puralingga  Nomor: 1 Tahun 2018.

"Perda mengamanatkan setiap Desa/Kelurahan wajib memiliki minimal 1 perpustakaan agar masyarakat di Desa atau Kelurahan bisa terdorong untuk minat baca di perpustakaan," terangnya.

Lebih lanjut, Goji menambahkan sampai saat ini keberadaan Perpustakaan Kabuaten  Purbalingga sudah berhasil meningkatkan fungsinya, salah satunya meningkatkan budaya baca masyarakat melalui berbagai kegiatan yang terkemas melalui gerakan gemar membaca berupa lomba-lomba bidang perpustakaan, kegiatan bantuan buku-buku untuk Desa yang sedang perintisan perpustakaan desa atau Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

"Termasuk mengundang para siswa sekolah dari TK, PAUD, SD/MI untuk berkunjung ke perpustakaan agar terbina dan mereka menjadi senang berkunjung serta membaca di perpustakaan," jelasnya.

Menurut Goji, pelatihan yang diselenggarakan Dinas Kearsipan dan Perpusakaan Purbalingga bagi anggota Perpusdes yang dilaksanakan mulai  22 April - 3 Mei 2019, antara lain pelatihan komputer dasar dan internet, kuliner, membuat aneka hiasan dari bahan limbah, hantaran, merajut, fotografi dan marketing online. (*)

Jurnalis : Sinnangga Angga
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Yogyakarta

Komentar

Loading...
Registration