Peristiwa - Nasional

Bawaslu RI Siapkan Santunan bagi 33 Anggotanya yang Gugur

Bawaslu RI Siapkan Santunan bagi 33 Anggotanya yang Gugur Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar di kantornya, Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019). Foto: Rahmi Yati Abrar/TIMES Indonesia
Selasa, 23 April 2019 - 18:53

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Pengawas Pemilu RI (Bawaslu RI) akan memberikan santunan bagi anggotanya yang telah gugur dalam melaksanakan tugas pasca pemilu 2019. Pemberian santunan tersebut masih akan didiskusikan terlebih dahulu.

"Beberapa anggota dari Bawaslu juga 33 meninggal dan juga ada yang sakit dan beberapa kecelakaan," ujar Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar di kantornya, Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2019).

Fritz menyebut, terkait jumlah santunan yang akan diberikan, pihaknya akan berdiskusi terlebih dahulu dengan Kementerian Keuangan.

Selain anggota Bawaslu, petugas KPPS juga banyak yang tumbang bahkan yang meninggal dunia mencapai 119 orang. Fritz mengaku, pemilu serentak dengan menggunakan lima kertas suara kali ini memang cukup menguras tenaga.

"Beban kerja KPPS menjadi sangat signifikan perbedaannya, dan menimbulkan banyak kelelahan dan banyak pengawas atau petugas KPPS yang sakit bahkan ada yang meninggal," ungkap Fritz.

 Fritz menyebut, Bawaslu RI maupun KPU RI sebelumnya telah berusaha memprediksi secara detail bagaimana proses yang akan terjadi di tempat pemungutan suara (TPS) pada hari pencoblosan hingga penghitungan suara pemilu 2019. (*)

Jurnalis : Rahmi Yati Abrar
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration