Peristiwa Daerah

22 Perajin Purbalingga Ikuti Pameran Inacraft 2019

Selasa, 23 April 2019 - 16:19 | 64.17k
Anto, Pembuat kerajinan kayu dari Desa Kedungbenda, Kecamatan Kemangkon saat sedang membuat sebuah karya seni (FOTO: Adi Purwanto for TIMES Indonesia)
Anto, Pembuat kerajinan kayu dari Desa Kedungbenda, Kecamatan Kemangkon saat sedang membuat sebuah karya seni (FOTO: Adi Purwanto for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Sebanyak 22 orang perajin Purbalingga, Jawa Tengah, dari lintas kluster akan mengikuti Inacraft 2019 pada 24-28 April 2019, di Jakarta Convention Center.

"Selain mengikuti pameran di Inacraft 2019, pada tanggal 24-28 April 2019, pada tanggal 25 April 2019, kami akan memberangkatkan 22 perajin Purbalingga dari lintas kluster," kata Kepala DinkopUKM Purbalingga, Budi Susetyono, Selasa (23/4/2019).

Menurutnya, Inacraf merupakan pameran kerajinan terbesar di Indonesia dan merupakan barometer kerajinan tingkat nasional dan international.

"Untuk itu, salah satu tujuan mengikuti Inacraft adalah agar para perajin mengetahui perkembangan produk kerajinan dan tren yang sedang berkembang," katanya.

Adapun produk-produk kerajinan yang dipamerkan, lanjutnya, wayang suket, miniatur patung Jenderal Soedirman, kerajinan bathok dari Desa Kajongan dan Purbalingga Wetan.

Kemudian, aneka kerajinan kayu jati dari Desa Majatengah, kerajinan kayu dari Desa Serang dan Kandanggampang.

Berikutnya, tas dan dompet berbahan kain tenun dari Desa Tumanggal, aneka kerajinan rajut dan tas sulam pita dan kain batik motif wayang suket dan lawa.

Kepala DinkopUKM Purbalingga, menambahkan diantara produk yang ditampilkan, salah satunya telah menembus pasar internasional.

"Produk kerajinan dari kayu asli Purbalingga, yang mengikuti pameran di Inacraft 2019, salah satunya sudah menembus pasar internasional, yakni kreasi Saudara Anto dari Desa Kedungbenda, Kecamatan Kemangkon," katanya menambahkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : Purbalingga TIMES

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES