Peristiwa - Daerah

Data Masuk di PDI Perjuangan, Ahmad Basarah Juara di Dapil Malang Raya

Data Masuk di PDI Perjuangan, Ahmad Basarah Juara di Dapil Malang Raya Dr Ahmad Basarah, Caleg DPR RI. (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)
Selasa, 23 April 2019 - 16:13

TIMESINDONESIA, MALANG – Sesuai data resmi sementara yang masuk di Badan Saksi Nasional DPC PDI Perjuangan Kota Malang, Dr Ahmad Basarah, Caleg DPR RI, nomor urut 1, dari Daerah Pemilihan (Dapil) Malang Raya, sukses meraih suara terbanyak dibanding caleg lainnya. Diprediksi jadi caleg juara peraih suara tertinggi di Malang Raya.

Hal tersebut diakui Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang, Made Rian, saat dihubungi TIMES Indonesia, Selasa (23/4/2019). “Untuk di Kota Malang, suara yang masuk sudah 80 persen,” jelas Made.

Dari data yang masuk beber Made, untuk di Kota Malang, tertinggi Dr Ahmad Basarah, disusul oleh suara Krisdayanti, lalu Ir Andreas Eddy Susetyo. “Itu prediksi yang terbaca dari data yang masuk ke partai,” jelasnya.

Namun, PDI Perjuangan tetap akan menghormati kerja pada saksi di lapangan. Para saksi kerja siang malam di PPK. Karena yang paling valid adalah rekapitulasi suara dari para saksi di PPK.

“Diinternal kami (PDI Perjuangan), memprediski pak Ahmad basarah tetap tertinggi di Dapil Malang Raya. Hal itu dilihat dari hasil suara yang masuk dari Dapil Malang Raya,” akunya lagi.

Penentuka suara untuk para caleg DPR RI itu beber dia, adalah suara dari Kabupaten Malang. Kalau hanya suara dari Kota Batu dan Kota Malang, tidak bisa dijadikan data untuk caleg unggul atau tertinggi di Dapil Malang Raya.

“Suara penentunya di Kabupaten Malang. Ada 33 Kecamatan. Kota batu dan Kota Malang hanya ada beberapa kecamatan saja. Kalua acuan yang dipakai Kota Batu, jelas salah. Kota Malang juga demikian. Suara yang menentukan adalah Kabupaten Malang,” tegasnya.

Untuk suara Ahmad Basarah sendiri, data yang sudah masuk di PDI Perjuangan, kini sudah mencapai 70 ribuan suara. “Di Kota Malang sendiri sudah ada 22 ribu suara lebih,” aku Made.

Adapun total suara PDI Perjuangan yang masuk untuk di Kota Malang katanya, naik signifikan. Dari tahun ke tahun di Kota Malang memang lebih besar dari suara yang diperoleh para calegnya. “Prediksi untuk seluruh caleg dan suara partai kurang lebih 140 ribu suara, untuk di Kota Malang saja,” jelasnya.

Sementara itu, di Kota Malang, Ahmad Basarah ungggul di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Adapun rinciannya, di Kelurahan Dinoyo, meraih 412 suara, Jatimulyo 682 suara, Ketawanggede134 suara.

Selanjutnya, di Kelurahan Lowokwaru, meraih 869 suara, Merjosari 484 suara, Mojolangu 682 suara, Sumbersari 222 suara, Tasikmadu 202 suara, Tlogomas 1067 suara, Tulusrejo 495 suara, Tunggulwulung 301 suara, Tunjungsekar 544 suara. Total suara Ahmad Basarah di Kecamatan Lowokwaru sebanyak 6094 suara. Total suara partai PDI Perjuangan di Kecamatan Lowokwaru, sebanyak 9446 suara.

Adapun rincian total suara untuk Caleg DPR RI dari PDI Perjuangan, di Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang,  untuk Ahmad Basarah meraih 6094 suara, Krisdayanti meraih 4815 suara, Mayjen TNI (Purn) Sakkan Tampubolon mendapat 1739 suara, Ir Andreas Eddy Susetyo dapat 2168 suara, Markuwat dapat 257 suara, Sase Dyah Sri Andayani mendapat 178 suara, Ir H Muchammad Nu’man, MBA meraih 407 suara dan Niken Lestari mendapat 330 suara.

Untuk di Kecamatan Lowokwaru, suara yang belum masuk ke DPC PDI Perjungan, hanya ada dua TPS. “Tinggal dua TPS dari 446 TPS yang ada. Hanya kurang dua TPS saja. Itu untuk di Kecamatan Lowokwaru,” kata Made.

Yang jelas tambah Made, Dr Ahmad Basarah diprediksi akan jadi caleg DPR RI di Malang Raya, yang juara mendapatkan suara tertinggi. “Namun, PDI Perjuangan tetap akan menunggu hasil final dari KPU di Malang Raya,” katanya. (*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration