Ketahanan Informasi

Sukseskan Swasembada Pangan, Ini Langkah Babinsa Bululawang dari Kodim 0818 Malang-Batu

Sukseskan Swasembada Pangan, Ini Langkah Babinsa Bululawang dari Kodim 0818 Malang-Batu Serma Agus Indarto berikan arahan dan berikan pendampingan beternak lele bersama para petani lele. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Selasa, 23 April 2019 - 14:00

TIMESINDONESIA, MALANG – Babinsa Koramil Bululawang dari Kodim 0818 Malang-Batu Serma Agus Indarto motori petani meningkatkan ketahanan pangan masyarakat melalui pengembangan budidaya ikan lele dumbo.

Budidaya ikan lele dipeternakan lele milik Muslik di Dusun Maqbul Desa Kuwolu Kecamatan Bululawang Kab. Malang.

"Untuk bisa memperoleh hasil budidaya lele yang baik, kunci utamanya terletak pada pengaturan kondisi air, dan dengan suhu di Kec. Bululawang Kab. Malang yang sering naik turun secara drastis antara siang hari dan malam, perlu perlakuan khusus agar kondisi kolam tetap stabil agar menggunakan bahan alami yang disebut natural water system ini ia hanya menggunakan dedak, ragi tape, probiotic dan dolomit yang diracik sedemikian rupa sehingga bisa membuat lele berkembang dengan baik," jelas Serma Agus.

Budidaya-Lele-2.jpg

Lebih lanjut ia mengatakan melalui program ini diharapkan dapat mengubah mindset masyarakat tentang ikan lele. "Kita akan memproduksi ikan lele yang bersih dengan menciptakan pakan yang berkualitas tinggi. Kalau harkat ikan lele kita angkat dan kita ubah menjadi ikan yang tak kalah mutunya dari ikan lainnya,maka harga jualnya akan tinggi," tambah Serma Agus.

Sementara itu ditempat terpisah Danramil 18 Bululawang Kapten Kav Sugianto sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Serma Agus. "Babinsa Koramil Bululawang wajib turun langsung membantu dan mendampingi para petani yang ada di Desa binaannya untuk mensukseskan Program Swasembada Pangan yang dicanangkan oleh pemerintah," tegasnya.

Ia menambahkan program ini tak sekadar membantu petani turun kesawah para Babinsa tersebut ikut berperan aktif berperan membina masyarakat terkait program ketahanan pangan diantaranya kampanye 'Gemar Ikan'.

Muslik pemilik kolam lele berterima kasih kepada Agus Babinsa koramil Bululawang dari Kodim 0818 Malang-Batu yang selama ini memberikan pendampingan beternak lele sehingga usahanya bisa berkembang dan bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya. (*)

Jurnalis : Ervan (CR-126)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration