Pendidikan

Selalu Yes, Awali UNBK SMPN 1 Kota Batu

Selalu Yes, Awali UNBK SMPN 1 Kota Batu Suasana UNBK di SMPN 1 Kota Batu berlangsung lancar meski sempat ada keterlambatan pengiriman token. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Selasa, 23 April 2019 - 15:16

TIMESINDONESIA, BATU – “Selalu Yes Yes, Tak Pernah No No” begitu yel-yel yang diteriakan oleh siswa kelas IX SMPN 1 Kota Batu sebelum masuk ke dalam ruangan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) hari kedua, Selasa (23/4/2019).

Cara ini diterapkan oleh para guru untuk membesarkan diri para siswa dalam menghadapi UNBK. Tidak hanya itu, sebelum masuk ruangan, para guru memberikan snack dan minuman hangat untuk siswa.

Langkah-langkah sederhana ini dipilih para guru untuk memberikan penguatan terhadap para siswa yang hendak mengikuti ujian.

Berdoa-UNBK-Batu.jpg

“Termasuk sebelum masuk ruangan ujian kita biasakan para siswa ini berbaris masuk bersama-sama, agar mental mereka terbangun dan bersemangat mengikuti ujian,” Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Batu, Tatik Ismiati.

Ia bersyukur dengan cara ini para siswa merasa tidak sendiri dan siap mengikuti ujian nasional. Tatik mengatakan bahwa seluruh siswa SMPN 1 Kota Batu 318 siswa bisa mengikuti UNBK.

Tatik yang juga Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se Kota Batu mengatakan sebagian besar menggelar UNBK secara mandiri.

Hanya dua sekolah yang tidak menggelar ujian di sekolah mereka, yakni SMP Abu Ghonaim Bumiaji yang menumpang ujian di SMPN 4 Batu dan SMPN Satu Atap Gunungsari yang memggelar ujian di SMKN 3 Kota Batu.

Masuk-UNBK-Sekolah.jpg

Sementara hanya ada satu siswa saja yang tidak bisa mengikuti UNBK, yakni siswa SMPN 3 Batu yang menderita sakit kanker tulang dan harus dirawat di RSSA Malang. “Kondisinya tidak memungkinkan untuk mengikuti ujian di rumah sakit atau pun mengikuti ujian susulan, orang tuanya fokus pada penyembuhan Dafa,” ujar Tatik yang juga Plt Kasek SMPN 3 Kota Batu ini.

Terkait pelaksanaan UNBK ini, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso Selasa (23/4/2019) melakukan kunjungan ke SMPN 1 Batu. Ia bersyukur pelaksanaan UNBK berlangsung dengan lancar.

“Alhamdulillah bisa berjalan dengan lancar, meski tadi pagi pelaksanaan UNBK sempat mengalami keterlambatan beberapa menit karena terkendala pengiriman token dari pusat, harusnya ujian dilaksanakan pukul 07.25 WIB, baru bisa dilaksanakan pukul 08.15,” ujar Punjul. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Loading...
Registration