Ekonomi

Dinas Perikanan Kabupaten Malang Targetkan Ekspor Ikan Tuna

Dinas Perikanan Kabupaten Malang Targetkan Ekspor Ikan Tuna Ikan tuna hasil tangkapan nelayan saat dibersihkan di pelabuhan Sendangbiru. (Foto: Binar Gumilang / TIMES Indonesia)
Selasa, 23 April 2019 - 14:46

TIMESINDONESIA, MALANG – Produktivitas ikan di Pelabuhan Sendangbiru yang melimpah, membuat Dinas Perikanan Kabupaten Malang mengusung target kedepannya dapat melakukan ekspor ikan tuna.

"Salah satu potensi unggulan di kabupaten terutama di wilayah perairan Pantai Sendang Biru adalah tuna. Karena itu sekarang kami sedang berupaya untuk meningkatkan pendampingan pada para nelayan,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Ir Endang Retnowati, kepada TIMES Indonesia, Senin (23/4/2019).

Dia menjelaskan, sesuai dengan ketentuan jenis tuna yang masuk kategori ekspor minimal harus memiliki berat 50 kilogram. Selain itu, dari segi fisik, tuna ekspor juga harus minim cacat fisik baik berupa luka terbuka.

"Hal ini untuk menghindari resiko pembusukan saat proses distribusi," tuturnya.

Dia meyakini para nelayan dapat meningkatkan produktivitas ikan tuna. Supaya kedepan dapat melakukan ekspor ikan tuna ke berbagai negara.

"Permintaan ikan tuna dari berbagai negara sangat tinggi. Karena ikan tuna memiliki sumber protein yang lengkap dan bergizi," katanya. Sehingga dia menyebut ikan tuna bagus untuk dikonsumsi bagi pertumbuhan anak.

"Untuk mendukung ekspor ikan tuna, selain sudah memberikan pendampingan kepada nelayan, kami juga telah memiliki cold storage di Turen," urainya.

Melalui cold storage itu kata mantan Kepala Disperpusip Kabupaten Malang ini, maka akan mempermudah proses pengawetan ikan tuna sebelum dilakukan ekspor.

"Proses ekspor ikan tuna sangat panjang. Mulai dari penangkapan, penimbangan, pengemasan, pengawetan hingga distribusi ekspor," ucapnya. Maka dari itu, dia menyebut proses pengawetan sangat dibutuhkan.

"Disamping pengawetan, juga pengemasan dan kualitas ikan tuna yang hendak diekspor, harus diperhatikan dengan baik," ungkapnya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang, Ir Endang Retnowati optimis pihaknya kedepan dapat ekspor ikan tuna untuk mendukung target Kementerian Kelautan dan Perikanan yang menjadikan Indonesia sebagai eksportir ikan tuna terbesar.(*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration