Wisata

Resto Apung, Ikon Desa Wisata Kampung Asap Binaan Pertagas

Resto Apung, Ikon Desa Wisata Kampung Asap Binaan Pertagas Resto Apung bantuan CSR Pertamina Gas atau Pertagas di Kampung Asap, Sidoarjo. (FOTO: Istimewa)
Selasa, 23 April 2019 - 16:05

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – Belasan warga yang tergabung dalam Kelompok Resto Apung mendapatkan pelatihan memasak beragam olahan ikan. Usai pelatihan ini, mereka diharapkan bisa bersiap mengelola Resto Apung, bantuan CSR Pertamina Gas atau Pertagas di Kampung Asap, Sidoarjo.

Pelatihan yang digelar Kamis (18/4/2019) dilakukan untuk meningkatkan skill  dan kesiapan mengelola resto yang nantinya akan menjadi ikon baru di kawasan Desa Wisata ini. 

“Saya bersyukur Pertamina Gas hadir di sini, dengan adanya pelatihan dan Resto Apung kita makin optimis buat maju,” ujar Jumining, salah satu anggota Kelompok Resto Apung.

Resto-Apung-a.jpg

Pada saat pelatihan, anggota Kelompok Resto Apung tak hanya belajar mengolah ikan asap yang jadi produk andalan mereka selama ini. Mereka juga mendapatkan pelatihan dari  jenis bahan baku lain seperti udang, cumi, dan kerang. 

“Harus disajikan menu makanan yang variatif, sehingga pengunjung Resto Apung akan memiliki opsi-opsi lain,” ujar Bayu Setiawan yang menjadi cook leader dalam pelatihan.

Selain itu, anggota kelompok juga ditekankan untuk meningkatkan kerjasama dan manajemen waktu. “Untuk teamwork dan ketepatan waktu penyajian semakin baik,” tambahnya.

Resto-Apung-b.jpg

Secara terpisah, Manager PR & CSR PT Pertamina Gas, Zainal Abidin mengatakan bahwa Resto Apung diharapkan mampu menjadi ikon baru di Kampung Asap, Desa Penataran Sewu, Sidoarjo yang selama ini dibina Pertagas. 

“Ke depan, kita dorong warga Kampung Asap akan semakin berdaya saing dan mampu mengelola Resto Apung secara mandiri,” ujarnya, Senin (22/4/2019).

Zainal menambahkan, penerima manfaat CSR Pertagas di Penataran Sewu selama ini dikenal sebagai salah satu penghasil produk olahan setengah jadi berupa ikan asap.

Resto-Apung-c.jpg

Selain mempersiapkan outlet pemasaran lewat Resto Apung, Pertagas East Java Area (EJA) telah hadir di Kampung Asap dengan membantu infrastruktur pengasapan ikan, hingga pengemasan.

“Kita melihat di sini ada potensi. Warga butuh etalase untuk produk mereka. Untuk itu kita jadikan Resto Apung jadi ikon Desa Wisata di Kampung Asap ini,” paparnya.

Rencananya, Resto Apung binaan Pertagas ini akan siap beroperasi sebelum Ramadhan tahun ini. “Warga tidk hanya akan bisa makan. Tapi bisa juga selfie-selfie di sekitar karena view-nya sangat Indah,” ucapnya. (*)

Jurnalis : Imadudin Muhammad
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Sidoarjo

Komentar

Loading...
Registration