Pendidikan

Umi Supraptiningsih: Perempuan Harus mampu Berpendidikan Tinggi

Umi Supraptiningsih: Perempuan Harus mampu Berpendidikan Tinggi Umi Supraptiningsih Dosen IAIN Madura usai menghadiri acara peringatan hari Kartini di Pendopo Ronggosukowati.(FOTO: akhmad syafii/TIMES Indonesia)
Selasa, 23 April 2019 - 07:49

TIMESINDONESIA, PAMEKASAN – Sosok Kartini menjadi inspirasi tersendiri bagi Dosen IAIN Madura Umi Supraptiningsih. Ia menilai sosok Kartini merupakan wujud perempuan yang harus menjadi teladan bagi perempuan Indonesia. Sebab, dari sosok Kartini perempuan bisa mengenal tentang emansipasi wanita.

"Kita menyemangati apa yang sudah dilakukan oleh Ra  Kartini. Darinya kita mengetahui tentang emansipasi wanita," kata Umi usai menerima penghargaan dari Pemkab Pamekasan, Selasa (23/4/2019).

lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa tanggal 21 April menjadi momentum berharga bagi warga Indonesia. Sebab, pada tanggal tersebut ada sosok perempuan hebat yang menjadi idaman masyarakat ialah sosok Ra Kartini.

Dalam menyebarkan tentang emansipasi wanita, sosok Kartini dengan tegas menagih agar perempuan Indonesia mampu memperoleh hak setara dengan kaum lelaki. Terutama dalam bidang pendidikan perempuan harus berani di garda terdepan. "Perempuan jangan kalah dengan lelaki. Pendidikan perempuan harus tinggi," kata mantan aktivis HMI itu.

Selain itu, Umi mengatakan, tingkat perkembangan pendidikan perempuan mengalami peningkatan yang signifikan. Hal itu bisa dibuktikan dengan banyaknya perempuan lebih memiliki integritas dibandingkan lelaki di forum ilmiah. Perempuan sudah banyak yang berani mengambil pendidikan yang tinggi.

"Bisa dinilai dari forum ilmiah. Banyak sekali perempuan mampu mendapatkan predikat yang tinggi di bidang pendidikan," katanya.

Lebih lanjut, Umi mengingatkan, tugas perempuan tidak hanya mengurusi tentang urusan dapur, sumur dan kasur. Namun perempuan lebih dari sekedar dari itu. Sebab tanggungjawab perempuan besar sekali, termasuk mencerdaskan anak bangsa

Ia berharap agar Lelaki dan perempuan saling menupang dan saling mengisi satu sama lain. Junjung tinggi harga dan martabat manusia. Baik perempuan ataupun lelaki. "Hidup ini bisa Indah dan damai jika lelaki dan perempuan sama-sama bisa saling menghargai," harap Umi Supraptiningsih.(*)

Jurnalis : Akhmad Syafii (MG-78)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Madura

Komentar

Loading...
Registration