Ekonomi

Wujudkan Desa Berdaya, Pembangunan Pertanian Kota Batu Harus Terintegrasi

Wujudkan Desa Berdaya, Pembangunan Pertanian Kota Batu Harus Terintegrasi Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si menyapa para petani di Desa Sumberbrantas Kecamatan Bumiaji. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Senin, 22 April 2019 - 22:00

TIMESINDONESIA, BATU – Mewujudkan Desa Berdaya Kota Berjaya, pembangunan pertanian di Kota Batu akan dilakukan dari hulu ke hilir hingga bisa terintegrasi dan menyejahterakan petani.

Hal tersebut dikemukakan oleh Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko M.Si saat membuka Bimtek Pengolahan dan Pengemasan Holtikultura di Gedung Pusat Pengembangan Hayati Desa (PPAH) Anjasmoro Jaya Desa Sumber Brantas Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Senin (22/04/2019) siang.

Dewanti-Rumpoko-2.jpg

Bimtek ini merupakan salah satu upaya Pemkot Batu untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan petani.

Dewanti berharap agar pengolahan hasil bumi ini, bisa meningkatkan pendapatan petani, sehingga petani tidak perlu terburu-buru untuk menjual hasil buminya, namun berupaya untuk mengolah hasil bumi terlebih dahulu.

“Kalau bisa petani itu jangan cuma waktu panen dicabut terus langsung dijual, apalagi belum panen sudah dijual, hal itu kalau bisa dihindari,” kata Dewanti.

Ia menyarankan agar petani tidak menjual semua hasil bumi mentah, namun sebagian hasil bumi disisihkan kemudian dibuat produk turunan. Contohnya seperti kentang, tidak semua hasil panen kentang mentah harus dijual, namun ada yang diolah menjadi keripik kentang.

Dewanti-Rumpoko-3.jpg

Cara ini, menurut Dewanti, bisa mencegah anjloknya harga hasil pertanian. Tugas Pemkot Batu, menurut Dewanti adalah melakukan pendampingan dan memberikan fasilitas pertanian terbaik.

Dalam kesempatan itu, wali kota menyerahkan bantuan  simbolis cultivator 1 unit untuk Gapoktan Maju Bersama, Bibit dan Saprodi organik untuk Gapoktan Anjasmara Jaya Abadi dan screen house sayuran organik 1 unit untuk Anjasmoro Organik.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pertanian Sugeng Pramono, Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan UMKM, Eko Suhartono, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Wiwik Nuryati, Camat Bumiaji, Aditya Prasaja S.STP MAP dan Kepala Desa Sumberbrantas Juwadi.

Kepala Dinas Pertanian Kota Batu, Sugeng Pramono  menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu keinginan dari petani Sumberbrantas agar acara seperti ini diadakan secara berkelanjutan untuk meningkatkan pembangunan pertanian dan kesejahteraan masyarakat desa SumberBrantas di Kota Batu. “Secara kontinyu akan kita laksanakan pendampingan kepada petani,” kata Sugeng. (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Loading...
Registration