Ketahanan Informasi Ketahanan Informasi Pendidikan

Perguruan Tinggi Muhammadiyah Luncurkan SBMPTMu 2019

Perguruan Tinggi Muhammadiyah Luncurkan SBMPTMu 2019 Panitia SBMPTMu bersama Ketua Dikti Libang PP Muhammadiyah dan Perwakilan Bank Syariah Mandiri saat Peluncuran Program SBMPTMu 2019. (FOTO: Abdurrahman Faris (FOTO: CR-094/TIMES Indonesia)
Senin, 22 April 2019 - 18:30

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menginisiasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah/‘Aisyiyah (SBMPTMu) di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA). 

Dr Gunawan Budiyanto, Ketua SBMPTMu mengatakan, seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru ini, pelaksanaannya dilandasi semangat kebersamaan untuk membesarkan PTMA. 

“Tujuan dari kegiatan ini agar PTMA mendapatkan input yang baik sekaligus lulusan yang berkualitas, sehingga dapat berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat,” kata Gunawan, Senin, (22/4/2019). 

Perguruan-Tinggi-Muhammadiyah-2.jpg

Untuk di ketahui, SBMPTMu memasuki tahun kedua, paska launching SBMPTMu di Kantor PP Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya Nomor 62,.27 Mei 2018 oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dr H Haedar Nashir, dengan dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof Dr Muhajir Effendy, dan sejumlah pejabat lainnya. 

Gunawan membeberkan, pada tahun 2018 lalu, SBMPTMu diikuti 12 PTM khusus untuk Program Studi (Prodi) Pendidikan Dokter. Namun untuk tahun ini, jumlah peserta PTMA maupun variasi Prodi-nya diperluas. 

“SBMPTMu 2019 kali ini diikuti 67 PTMA yang tersebar di seluruh Indonesia, dan jumlah Program Studi yang ditawarkan pada SBMPTMu 2019 ada 881 program studi di seluruh PTMA yang mengikuti program ini,” ujar Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini. 

Lebih lanjut, Gunawan menjelaskan, dalam SBMPTMu ini, seleksi menggunakan sistem Computer Based Test (CBT), “Peserta dapat memilih lokasi tes terdekat,” ucapnya. 

Menurutnya, SBMPTMu ini dibagi dalam Program Studi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi dengan Tes Kemampuan Akademik (verbal, numerik, logika) dan Materi Mata Pelajaran (Biologi, Kimia, Fisika, dan Bahasa Inggris). Sementara, Kelompok dua adalah Program Studi lainnya dengan materi tes yaitu Tes Kemampuan Akademik (verbal, numerik, logika). 

Jurnalis : Abdurrahman Faris (CR-094)
Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

Komentar

Loading...
Registration