Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Perguruan Tinggi Muhammadiyah Luncurkan SBMPTMu 2019

Senin, 22 April 2019 - 18:30 | 146.71k
Panitia SBMPTMu bersama Ketua Dikti Libang PP Muhammadiyah dan Perwakilan Bank Syariah Mandiri saat Peluncuran Program SBMPTMu 2019. (FOTO: Abdurrahman Faris (FOTO: CR-094/TIMES Indonesia)
Panitia SBMPTMu bersama Ketua Dikti Libang PP Muhammadiyah dan Perwakilan Bank Syariah Mandiri saat Peluncuran Program SBMPTMu 2019. (FOTO: Abdurrahman Faris (FOTO: CR-094/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menginisiasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah/‘Aisyiyah (SBMPTMu) di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (PTMA). 

Dr Gunawan Budiyanto, Ketua SBMPTMu mengatakan, seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru ini, pelaksanaannya dilandasi semangat kebersamaan untuk membesarkan PTMA. 

“Tujuan dari kegiatan ini agar PTMA mendapatkan input yang baik sekaligus lulusan yang berkualitas, sehingga dapat berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat,” kata Gunawan, Senin, (22/4/2019). 

Perguruan-Tinggi-Muhammadiyah-2.jpg

Untuk di ketahui, SBMPTMu memasuki tahun kedua, paska launching SBMPTMu di Kantor PP Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya Nomor 62,.27 Mei 2018 oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dr H Haedar Nashir, dengan dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof Dr Muhajir Effendy, dan sejumlah pejabat lainnya. 

Gunawan membeberkan, pada tahun 2018 lalu, SBMPTMu diikuti 12 PTM khusus untuk Program Studi (Prodi) Pendidikan Dokter. Namun untuk tahun ini, jumlah peserta PTMA maupun variasi Prodi-nya diperluas. 

“SBMPTMu 2019 kali ini diikuti 67 PTMA yang tersebar di seluruh Indonesia, dan jumlah Program Studi yang ditawarkan pada SBMPTMu 2019 ada 881 program studi di seluruh PTMA yang mengikuti program ini,” ujar Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) ini. 

Lebih lanjut, Gunawan menjelaskan, dalam SBMPTMu ini, seleksi menggunakan sistem Computer Based Test (CBT), “Peserta dapat memilih lokasi tes terdekat,” ucapnya. 

Menurutnya, SBMPTMu ini dibagi dalam Program Studi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi dengan Tes Kemampuan Akademik (verbal, numerik, logika) dan Materi Mata Pelajaran (Biologi, Kimia, Fisika, dan Bahasa Inggris). Sementara, Kelompok dua adalah Program Studi lainnya dengan materi tes yaitu Tes Kemampuan Akademik (verbal, numerik, logika). 

“Keunggulan sistem pendaftaran online SBMPTMu memudahkan calon mahasiswa memilih PTMA tujuannya. Calon mahasiswa cukup mendaftar melalui portal online sbmptmu.id dan melakukan pembayaran melalui Bank Mandiri Syari’ah dengan berbagai alternatif cara pembayaran,” tuturnya. 

Ia menyebut, pada pelaksanaannya SBMPTMu, lebih fleksibel dan efisien karena SBMPTMu dapat diikuti calon mahasiswa dari berbagai daerah dan lintas wilayah. 

“Dengan biaya pendaftaran Rp.750.000, untuk Prodi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi peserta mempunyai kesempatan memilih 3 program studi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi di PTMA yang berbeda dan mengikuti ujian di lokasi terdekat,” katanya. 

Sedangkan untuk Prodi lainnya biaya pendaftaran Rp 300.000. Di SBMPTMu ini pendaftar mempunyai kesempatan memilih 4 Prodi pada PTMA yang sama atau berbeda, serta dapat mengikuti ujian di lokasi terdekat.  

Pendaftaran SBMPTMu Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi, mulai dibuka pada 29 April 2019 hingga 3 Juli 2019. Calon peserta harus memenuhi syarat antara lain, lulusan SMA/MA jurusan IPA tahun 2017, 2018, atau 2019. Bagi peserta lulusan paket Paket C maksimal usia 21 tahun. 

Selain itu, calon peserta dalam keadaan sehat dan tidak buta warna. Selanjutnya, pelaksanaan ujiannya direncanakan pada Ahad, 7 Juli 2019. Pengumuman peserta yang lolos seleksi akan diumumkan pada Kamis, 11 Juli 2019. Peserta yang lolos tahap ini akan mengikuti tes tahap selanjutnya di PTMA tujuan masing-masing.

Untuk Pendaftaran SBMPTMu Prodi selain Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi, dibuka pada 29 April 2019 hingga 17 Juli 2019. Calon peserta dipersyaratkan memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi. Pelaksanaan ujiannya direncanakan pada  Ahad, 21 Juli 2019. Pengumuman peserta yang lolos seleksi akan diumumkan pada Kamis, 25 Juli 2019. 

“Untuk keperluan pendaftaran peserta mengunggah raport semester 5 bagi lulusan 2019 atau ijazah bagi lulusan 2018 dan sebelumnya, pas foto berwarna dan kartu identitas berfoto seperti KTP/paspor/SIM,” ujarnya. 

Gunawan menambahkan, untuk informasi lebih lanjut SBMPTMu 2019, dapat menghubungi sekretariat panitia pusat di Gedung Admisi Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Jl Brawijaya, Tamantirto, Kasihan Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, 55183. Telp (0274) 387656 ext 200 Fax (0274)387646, WA: 081388111912,  email: [email protected],  website:sbmptmu.id. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES