Ekonomi

Smesco Indonesia Promosikan Produk Lokal Ke Pasar Nasional dan Global

Senin, 22 April 2019 - 17:46 | 56.83k
Sarung Produk Lokal yang di promosikan Smesco Indonesia (FOTO: Pessy For TIMES Indonesia)
Sarung Produk Lokal yang di promosikan Smesco Indonesia (FOTO: Pessy For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTASmesco Indonesia mendukung pengembangan produk lokal untuk bisa bersaing di kancah nasional maupun luar negeri. Salah satunya yakni dengan melakukan kanvasing di sejumlah daerah.

Program kanvasing dilakukan dalam rangka melengkapi display produk di lantai Paviliun Provinsi Gedung Smesco Indonesia , serta untuk menambah UKM mitra baru dan stok produk.

Produk produk tersebut apabila diterima pasar maka UKM produsennya diajak berpromosi lewat pameran berskala nasional maupun luar negeri.

Dalam kegiatan kanvasing ke daerah, Smesco melakukan kurasi produk-produk binaan Dinas KUKM provinsi, melakukan kunjungan ke showroom/workshop dari UKM-UKM potensial, memilih produk yang berkualitas, laku dan diminati konsumen, serta melakukan negosiasi dengan UKM menyangkut harga.

“Banyak produk di daerah kualitasnya bagus namun terkendala dan belum dikenal dipasar Jakarta. Karena itu Smesco berkomintmen membantu pemasarannya dengan mendisplay dan menjualnya di Gedung Smesco. Kami juga melakukan pembelian putus untuk yang bermutu baik sehingga membantu cashflow UKM yang lemah modal." kata Direktur Utama Smesco Indonesia, Emilia Suhaimi di Jakarta, Senin (22/04/2019).

Emilia mengungkapkan bahwa program kanvasing dilakukan di 6 provinsi. Adapun tahap pertama dimulai dari Bulan April 2019. Enam provinsi itu yakni Jawa Barat (25 target UKM baru), Sulawesi Selatan (25), Sumatera Barat (25), Aceh (15), Kalimantan Timur (10), dan Gorontalo (10). 

Dari masing-masing ke-6 provinsi tersebut memiliki produk fast moving yang berbeda-beda.

Untuk kegiatan tersebut Smesco bersinergi dengan Kementerian Koperasi dan UKM dalam menggunakan vocal point, menetapkan prioritas lokasi strategis ditinjau dari kegawatan koleksi dan stok, serta membuat target UKM mitra baru baik UKM, maupun stok produk.

“Produk unggulan dan produk ikon Provinsi kami cari, sekaligus melakukan seleksi dan kurasi untuk menambah display produk di Paviliun Provinsi Smesco,” katanya.

Sebelum terjun ke lapangan, Smesco terlebih dahulu membuat daftar produk fast mover masing-masing provinsi, mendata produk yang diminati konsumen tetapi produknya di Smesco sudah kosong, dan membuat data UKM yang berkualitas namun belum terdaftar di dinas KUKM.

Smesco juga melakukan koordinasi dengan pihak atau instansi terkait dengan data UKM potensial menyangkut kualitas produk, desain inovatif, harga bersaing, kemampuan produksi, dan berkoordinasi dengan Dinas KUKM Provinsi untuk pelaksanaan kegiatan kurasi produk.

“Baru kami membuat prioritas sesuai kapasitas dan fasilitas yang tersedia. Setelah itu membagi tim untuk kanvasing ke masing-masing provinsi,” ujar Dirut Smesco Indonesia ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES