Kesehatan Kabupaten Malang Sehat

Inilah 13 Cara Merawat Bayi Baru Lahir

Senin, 22 April 2019 - 14:38 | 320.41k
Bayi baru lahir (FOTO: Ilustrasi)
Bayi baru lahir (FOTO: Ilustrasi)
FOKUS

Kabupaten Malang Sehat

TIMESINDONESIA, MALANGMerawat bayi baru lahir terkadang menjadi tantangan bagi para orang tua, khususnya orang tua muda yang baru memiliki anak. Begitu juga dengan pelayanan kesehatanya, bayi baru lahir membutuhkan perhatian yang ekstra. Nah, apa saja kira-kira yang harus diperhatikan untuk pelayanan kesehatan bayi baru lahir? Ada 13 cara merawat bayi baru lahir yang baik dan benar.

Menurut United States Agency International Development (USAID), pelayanan kesehatan bayi baru lahir harus dilakukan oleh bidan, perawat, atau dokter dan dilaksanakan minimal 3 kali, yaitu: Pada 6 – 48 jam setelah lahir, pada hari ke 3 – 7 setelah lahir, dan pada hari ke 8 – 28 setelah lahir.

Tanda-Bahaya-Bayi-Baru-Lahir.jpg

Selain itu, Ibu atau keluarga bayi juga harus memastikan apakah bayi mereka sudah mendapatkan pelayanan kesehatan dan tercatatnya hasil pelayanan tersebut, seperti berapa berat badan bayi, panjang badan bayi, dan suhu tubuh bayi.

Bidan, perawat atau dokter juga harus menanyakan kepada sang Ibu apakah bayinya sakit, kemudian memeriksa kemungkinan penyakit berat atau terdapat infeksi bakteri pada bayinya seperti memeriksa adanya diare, ikterus atau bayi kuning, dan kemungkinan memiliki berat badan rendah.

Frekuensi nafas dan denyut jantung pada bayi baru lahir juga harus dihitung secara rutin berapa kali per menit. Tidak lupa memeriksakan status pemberian Vitamin K I, status imunisasi HB-0 dan memeriksa apakah ada masalah atau keluhan dari Ibu bayi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES