Gaya Hidup

Hari Bumi, Momen Pas untuk Ajari Anak Menjaga Bumi

Hari Bumi, Momen Pas untuk Ajari Anak Menjaga Bumi (FOTO: Ilustrasi/copyright shutterstock.com)
Senin, 22 April 2019 - 15:13

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Setiap tanggal 22 April ditetapkan sebagai Hari Bumi. Bumi sebagai tempat tinggal kita harus terus dijaga. Sayangnya tak semua orang sadar pentingnya menjaga bumi agar tetap lestari dan nyaman untuk ditinggali.

Kesadaran menjaga bumi dapat ditanamkan sejak dini. Anda dapat mengenalkan beberapa cara menjaga dan mencintai bumi pada anak -anak.  Nah berikut beberapa caranya

Kenalkan Anak pada Kondisi Bumi

Kenalkan-Anak-pada-Kondisi-Bumif49b9172006c3506.jpg

(FOTO: Ilustrasi/copyright unsplash.com/Jesica Rokowits)

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memperkenalkan kondisi bumi ke anak. Ajaklah anak bermain di alam sekitar, bisa di gunung, pantai maupun hutan kota. Sembari bermain kenalkan anak pada apa-apa yang membuatnya belajar lebih dalam pada kondisi bumi. Dengan mengenalkan langsung kondisi bumi ke anak, tanggung jawab dan keinginan anak untuk lebih mencintai serta menjaga bumi pun akan semakin besar.

Ajak Anak Mendaur Ulang Sampah

Mendaur ulang sampah salah satu cara untuk menjaga bumi. Sampah plastik dijadikan bahan prakarya yang menarik, unik dan bermanfaat. Gunakan warna menarik agar anak Anda lebih tertarik membuat sekaligus menggunakan barang hasil daur ulang. Biasakan anak Anda membuang sampah sesuai dengan bak sampah yang disediakan. Itu cara paling mudah untuk memilah sampah organik dan an organik.

Mengurangi Sampah Plastik

Biasakan membawa bekal dan botol (tumbler) jika keluar rumah. Langkah itu sebagai cara mengurangi sampah plastik. Beri pengertian pada anak, dampak sampah plastik. Sampah plastik tak bisa terurai, bahkan jika lari ke laut, sampah plastik dapat saja dimakan hewan laut. 

Ajari Anak Buat Hemat Energi

Cara mencintai dan menjaga bumi selanjutnya adalah dengan menghemat energi. Ajaklah anak buat menghemat energi seperti energi listrik, mengurangi penggunaan gadget, mengurangi aktivitas menonton TV atau menyalakan benda-benda elektronik lainnya. Ketika kita dan anak menghemat energi yang ada, kita akan mendapati bumi yang lebih terjaga serta terlindungi.

Membiasakan Anak Bersepeda atau Berjalan Kaki

Hendak keluar rumah dengan tujuan yang tak begitu jauh? Ajak anak Anda berjalan kaki atau bersepeda saja. Jelaskan pada anak, dengan berjalan atau bersepeda akan meminimalisir polusi udara. Ya, kendaraan bermotor salah satu sumber polusi udara.

Ajak Anak Berkebun atau Menghijaukan Lingkungan

Ajak-Anak-Berkebun-atau-Menghijaukan-Lingkungan.jpg

(FOTO: ilustrasi/copyright)

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk melindungi, mencintai dan menjaga bumi adalah dengan menjaga alam sekitar agar tetap asri, sejuk dan nyaman. Ajaklah anak untuk mencintai dan menjaga bumi dengan mengajaknya berkebun, sadar lingkungan dan menghijaukan lingkungan. Ajaklah anak untuk menanam bunga serta pohon yang memproduksi oksigen cukup setiap harinya.

Yuk, momen Hari Bumi ini dijadikan awal untuk memulai menjaga bumi agar tetap lestari. (*)

Jurnalis : Tria Adha
Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

Komentar

Loading...
Registration