Politik

Ketua DPR RI Minta KPU Pastikan PSU Berjalan Tanpa Pelanggaran

Senin, 22 April 2019 - 14:09 | 33.99k
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo.(FOTO: Liputan6.com)
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo.(FOTO: Liputan6.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKetua DPR RI Bambang Soesatyo meminta KPU, KPU Daerah, dan Bawaslu memastikan pemungutan suara ulang (PSU) di berbagai daerah berjalan tanpa ada pelanggaran dan kesalahan.

"KPU, KPUD dan Bawaslu harus memastikan wilayah yang akan menjalani pemungutan suara ulang akan dilaksanakan sesuai dengan waktu yang telah disepakati dan juga memastikan tidak adanya lagi pelanggaran maupun kesalahan dalam pelaksanaan Pemilu," ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Bambang menyampaikan hal itu terkait PSU yang akan dilakukan di sejumlah daerah seperti Banten, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Jambi, dan Papua.

PSU itu disebabkan beberapa faktor seperti keterlambatan kedatangan logistik Pemilu, bencana alam, atau adanya pelanggaran administrasi saat pemungutan suara.

Bambang juga meminta KPU berkoordinasi dengan aparat Kepolisian dalam mengawasi dan menjaga jalannya pemungutan suara ulang agar berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

"Saya mengimbau kepada masyarakat yang ikut serta dalam pemungutan suara ulang agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar, serta untuk tidak mudah terprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," ujarnya.

Dia juga meminta Bawaslu dan KPU mengevaluasi berbagai permasalahan yang terjadi di Pemilu 2019, serta memastikan hasilnya tetap berdasarkan asas Pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil (luber jurdil).

Ketua DPR RI juga meminta KPU dan Bawaslu bekerja dengan prinsip transparan, berintegritas, profesional, dan menjaga independensi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES