Peristiwa Daerah

Ansor Situbondo Ajak Masyarakat Menunggu Pengumuman KPU RI

Senin, 22 April 2019 - 13:47 | 44.83k
Yogie Kripsian Sah, Ketua GP Ansor Kabupaten Situbondo
Yogie Kripsian Sah, Ketua GP Ansor Kabupaten Situbondo

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Situbondo, Yogie Kripsian Sah meminta agar masyarakat bersikap tenang terkait hasil Pemilu 2019. Hal ini perlu dilakukan untukmenjaga kondisivitas dan stabilitas lingkungan. 

"Perlu kita ketahui bersama bahwa sampai detik ini semua hasil pileg dan pilpres belum ada yang dikatakan sebagai pemenang. Karena semua harus menunggu penghitungan manual yg resmi dari KPU selaku penyelenggara," ungkapnya, Senin, (22/4/2019).

Menurutnya, hasil quick count dan real count yang dilakukan baik oleh timses, relawan, para kontestan maupun kelompok masyarakat adalah bagian dari sebuah upaya kontrol sekaligus sebagai pembanding. 

Yogie, begitu akrab disapa menambahkan, sedangkan data resmi dan sah hanyalah dari rekapitulasi perhitungan manual KPU RI.

Apabila ada pihak dari calon tertentu merasa dirugikan dan punya bukti kuat yang sah dipersilahkan utk membantah dan membandingkan hasil rekap dengan yang dimilikinya yang kemudian bisa jadi kalau ada perbedaan dari bukti sah yang dimilikinya akan dihitung bersama sama secara terbuka pada saat jadwal penghitungan manual dilaksanakan.

"Sulit rasanya penyelenggara bermain curang di era keterbukaan saat ini. Dimana semua penyelenggara diawasi baik oleh pengawas yang sah diakui oleh hukum bernegara (bawaslu) maupun pengawasan dan kontrol dari masing kontestan maupun kelompok masyarakat yang peduli pada perjalanan sejarah demokrasi bangsa ini, " katanya. 

Ia meminta tidak perlu ribut-ribut dan jaga situasi kondisi wilayah yang sudah tertib dan aman pasca pemungutan suara. Dan menunggu sampai penetapan hasil dari KPU. Siapapun yang terpilih  yakin semua sudah menjadi takdirNya dan sudah tercatat di Lauhul Mahfudz. Jangan terpancing dengan pihak-pihak yang coba ingin memancing di air keruh. 

"Jika wilayah kita mulai dari desa, kecamatan, kabupaten damai negara kita pasti damai. Jangan mudah percaya bisa jadi berita media sosial itu hoax dan fitnah serta waspada provokasi, " kata Ketua Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Situbondo, Yogie Kripsian Sah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Situbondo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES