Peristiwa Nasional

Jokowi: APBN 2020 Fokus SDM dan Perlindungan Sosial

Senin, 22 April 2019 - 13:33 | 39.65k
Presiden RI Joko Widodo (Dok. TIMES Indonesia)
Presiden RI Joko Widodo (Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara tahun 2020 (APBN 2020) akan lebih memfokuskan pada penguatan sumber daya manusia (SDM) dan perlindungan sosial.

"Terkait penyusunan pagu indikatif 2020, perlu saya ingatkan, yang pertama untuk kesinambungan pembangunan kita harus fokus pada penguatan SDM dan perlindungan sosial, menyambung apa yang kita mulai 2019," ujar Presiden Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Presiden menyampaikan hal itu dalam rapat terbatas dengan topik Ketersediaan Anggaran dan Pagu Indikatif Tahun 2020. 

Selain itu, Presiden juga menyampaikan, rencana anggaran untuk 2020 harus detail dan sesuai dengan prioritas pembangunan, dan juga yang paling utama haus bisa dilaksanakan dan bisa diukur hasilnya.

"Kita harus memastikan bahwa tahapan kerja teknokratik dalam penyusunan RAPBN 2020 tetap berjalan, 2019 sudah mulai," kata Presiden.

Presiden mengingatkan bahwa tantangan yang akan dihadapi pada 2020 akan semakin meningkat dan tidak mudah.

"Kita harus mengantisipasi dinamika perekonomian dunia yang terus berubah secara dinamis dan terus bergerak. Kuncinya adalah peningkatan daya tahan serta daya saing ekonomi Indonesia," ungkap Presiden.

Karena itu, APBN 2020 harus mampu memberikan stimulus bagi peningkatan ekspor dan investasi, serta menjadi stimulus pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, pertumbuhan ekonomi yang rata, dan berkeadilan," jelasnya.

Rencana anggaran untuk 2020 juga harus detail dan sesuai dengan prioritas pembangunan. 

"Hal yang paling utama harus bisa dilaksanakan dan bisa diukur hasilnya," tambahnya.

Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas yang dihadiri para menteri Kabinet Kerja dan pimpinan lembaga lainnya, seperti Kepala BKPM Thomas Lembong, Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Hadir pula para eselon satu di lingkungan lembaga kepresidenan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES