Kesehatan

Selain Makan Sembarangan, Ini Penyebab Diare yang harus Diwaspadai

Senin, 22 April 2019 - 04:26 | 178.05k
(FOTO: www.wowkeren.com/Istimewa)
(FOTO: www.wowkeren.com/Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Mengalami diare bisa membuat kita tidak nyaman untuk beraktivitas. Bagaimana tidak, kita harus bolak-balik ke toilet demi buang air besar. Gangguan kesehatan ini tidak hanya disebabkan konsumsi makanan tertentu. Pakar kesehatan menyebut penyebab diare seringkali terjadi karena gaya hidup yang buruk.

Seperti dilansir dari Dokter Sehat, berikut adalah beberapa penyebab diare yang sebaiknya tidak kita sepelekan.

1. Dipicu oleh bakteri dan virus

Pakar kesehatan dr. Roger Harms dari Mayo Clinic menyebut penyebab utama dari diareadalah virus dan bakteri. Sebagai contoh, bakteri salmonella dan Escherichia coli bisa menyebabkan datangnya gangguan pencernaan ini. Bakteri-bakteri ini memicu infeksi sehingga akhirnya membuat kinerja pencernaan terganggu. Gejalanya bisa berupa perut yang terasa nyeri hingga kotoran yang sangat cair.

2. Kebiasaan malas cuci tangan

Salah satu penyebab paling utama dari masalah diare adalah kebiasaan malas mencuci tangan, khususnya sebelum makan. Selain itu, jika kita hanya mencuci tangan dengan air saja, tanpa sabun, maka efeknya juga tidak begitu signifikan. Hal ini disebabkan olah berbagai bakteri, virus, dan jamur yang baru bisa mati jika terpapar sabun cuci tangan yang kita gunakan.

Pastikan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan. Selain itu, jika kita baru saja keluar dari toilet, memegang uang, memegang ponsel, memegang menu restoran, dan memegang benda-benda lain yang pernah disentuh banyak orang, sebaiknya segera mencuci tangan dengan sabun demi mencegah paparan bakteri dan virus penyebab datangnya diare tersebut.

3. Makan sembarangan

Banyak orang yang masih makan dengan sembarangan. Sebagai contoh, saat makan di luar rumah, kita bisa dengan santai membeli makanan di warung-warung atau penjual kaki lima yang sebenarnya tidak higienis.

Makanan-makanan yang dibiarkan terbuka mudah terpapar debu, kotoran, hingga lalat pembawa bibit penyakit. Selain itu, jika proses pengolahan makanan juga tidak higienis, maka mengonsumsi makanan tersebut juga bisa menyebabkan datangnya diare.

4. Mengalami intoleransi laktosa

Bagi sebagian orang, susu termasuk dalam minuman yang harus dihindari. Hal ini disebabkan oleh masalah intoleransi laktosa yang mereka derita. Sebagai informasi, ada sebagian orang di dunia yang ternyata mengalami kesulitan untuk mencerna laktosa, kandungan gula di dalam susu. Hal ini bisa menyebabkan gejala seperti mual-mual, kembung, dan diare yang cukup parah.

Masalahnya adalah kasus intoleransi laktosa umum terjadi di Benua Asia, termasuk di Indonesia. Jika kita termasuk dalam orang yang mengalami masalah kesehatan ini, sebaiknya segera mengganti asupan susu dengan susu nabati atau yoghurt yang biasanya masih aman untuk dikonsumsi penderita intoleransi laktosa.

5. Efek konsumsi obat-obatan tertentu

Bagi sebagian orang, mengonsumsi obat-obatan berjenis antibiotik ternyata juga bisa menyebabkan datangnya efek samping berupa diare. Hal ini disebabkan oleh antibiotik yang justru merusak komposisi bakteri di dalam usus, termasuk bakteri-bakteri baik yang sangat penting bagi pencernaan. Kondisi inilah yang akhirnya bisa menjadi penyebab diare. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES