Peristiwa Daerah

Peringati Hari Kartini, Bupati Faida: UMKM Perempuan Harus Jadi Pilar Ekonomi Keluarga

Minggu, 21 April 2019 - 15:47 | 66.08k
Salah satu kelompok peserta line dance berfoto bersama dalam acara Modern Women Empowerment Indonesia di halaman BRI Jember, Minggu (21/4/2019). (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)
Salah satu kelompok peserta line dance berfoto bersama dalam acara Modern Women Empowerment Indonesia di halaman BRI Jember, Minggu (21/4/2019). (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Bupati Jember dr Faida mengatakan bahwa salah satu peran penting kaum perempuan di Jember adalah menjadikan UMKM Perempuan menjadi pilar ekonomi kerakyatan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga. Hal ini disampaikannya dalam acara memperingati Hari Kartini 2019 yang dikemas dalam Modern Women Empowerment Indonesia di halaman BRI Jember, Minggu (21/4/2019).

Acara ini diisi dengan line dance oleh bupati dan anggota Dharma Wanita Persatuan Pemkab Jember yang memakai pakaian a la Kartini.

Perempuan, lanjut Faida, harus menjadi motor penggerak perubahan perilaku bertransaksi dan menjadi motor untuk inklusi keuangan dengan menggunakan kartu transaksi.

“Karena pola perilaku transaksi ini paling efektif dimulai dari ibu-ibu rumah tangga, dan hari ini BRI melakukannya bersinergi dengan Kartini-Kartini kita,” kata Faida.

Dia pun mendorong perempuan untuk berbagi peran dalam berorganisasi dan ekonomi.

“Sudah benar UMKM Perempuan ikut berorganisasi, ikut bersinergi dan Pemda mendorongnya akan lebih mudah, melalui Kredit Usaha Rakyat sampai Rp 25 juta tanpa jaminan, sehingga ibu-ibu mendapatkan bantuan permodalan yang meringankan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Jember Iriane Mirfano menyampaikan, berbicara tentang Hari Kartini, masa sekarang Kartini berbeda dengan Kartini jaman dahulu. "Hal ini dibuktikan dengan adanya wanita-wanita di Indonesia yang juga memiliki kemampuan yang sama, bisa sejajar dengan kaum laki-laki tanpa harus meninggalkan kodratnya sebagai wanita, melayani suami dan sebagai ibu dari anak-anaknya," imbuh Iriane. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES