Peristiwa - Nasional

Hari Kartini, Ini Pesan Ena Nurjanah bagi Kartini Milenial Indonesia

Hari Kartini, Ini Pesan Ena Nurjanah bagi Kartini Milenial Indonesia Ketua Lembaga Perlindungan Anak Generasi, Ena Nurjanah (FOTO: dakta)
Minggu, 21 April 2019 - 15:39

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Lembaga Perlindungan Anak Generasi, Ena Nurjanah, berpesan kepada para Kartini Milenial di peringatan Hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April setiap tahunnya.

Menurutnya, era milenial sekarang telah melahirkan banyak kartini-kartini era baru yang bertransformasi menjadi perempuan-perempuan hebat dengan berbagai prestasi yang membanggakan.

Sebut saja di tempat-tempat bekerja, kantor, pabrik, sekolah, kampus, akan ada perempuan-perempuan hebat yang mampu menjalankan tugas dan pekerjaan seperti halnya yang dilakukan oleh kaum laki-laki.

"Sebuah kebanggaan tersendiri dengan kemajuan yang telah dicapai kaum perempuan Indonesia," ujarnya kepada TIMES Indonesia, Minggu (21/4/2019).

Kendati demikian, Ena menilai di zaman sekarang juga masih banyak perempuan yang tidak berdaya atau bahkan menjadikan dirinya tak berdaya karena beberapa faktor.

"Faktor dari dalam dirinya, seperti sikap tidak mau berkembang, tidak berpikiran terbuka, cenderung malas , lebih banyak membuang waktu sia-sia dan lain sebagainya. Dan, faktor dari luar dirinya seperti ketidak berdayaan ekonomi yang menghambatnya menuntut ilmu, akses pendidikan yang sulit dan lain lain," papar Ena.

Namun lanjutnya, apapun faktor penghambatnya, sejatinya seorang perempuan harus bisa belajar dari kisah hidup pejuang perempuan, RA. Kartini.

Di mana, Kartini merupakan seorang perempuan yang pantang menyerah dengan keadaan dan selalu berusaha secara maksimal dengan segala sumber daya yang dia miliki.

"Kartini sangat suka belajar dan mencari ilmu. Ia banyak menghabiskan waktunya untuk belajar secara otodidak," tukas Ena.

Ena menyebut, akses yang dimiliki kaum milenial khususnya perempuan sekarang sangat terbuka lebar. Dengan kemudahan akses internet, apapun bisa dengan mudah didapat.

"Akses internet telah menghadiahkan berjuta-juta ilmu pengetahuan bagi yang tahu bagaimana memanfaatkan peluang di era internet sekarang," jelasnya.

Oleh adanya segudang sumber daya saat ini, Ena Nurjanah berharap para Kartini Milenial bisa melakukan lebih banyak kepedulian sosial. Terutama kemajuan bagi anak-anak dan kaum perempuan Indonesia.(*)

Jurnalis : Rahmi Yati Abrar
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration