Pendidikan

Hari Kartini, Museum Basoeki Abdullah Mengajak Generasi Muda Cintai Kesenian

Minggu, 21 April 2019 - 15:07 | 59.11k
Pameran Tunggal Lukisan Daun dan Wayang Daun di Museum Basoeki Abdullah Jakarta. (Foto: Ivan Iskandaria/TIMES Indonesia).
Pameran Tunggal Lukisan Daun dan Wayang Daun di Museum Basoeki Abdullah Jakarta. (Foto: Ivan Iskandaria/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Museum Basoeki Abdullah menggelar pameran tunggal Andhi Wahyudi tentang Lukisan Daun dan Wayang Daun RA Kartini Emansipasi Wanita yang berlangsung pada 21-30 April 2019. Pesannya, bagaimana generasi muda terus belajar mencintai kesenian.

Kepala Museum Basoeki Abdullah, Maeva Salmah mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk sinergitas antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama seniman  untuk menampilkan karya-karya seninya.

"Kegiatan ini bukti kebersamaan antara pemerintah dengan para seniman untuk memfasilitasi menampilkan hasil karya seninya  yang sangat membanggakan bangsa ini," kata Maeva Salmah dalam sambutannya di Museum Basoeki Abdullah Jakarta, Minggu (21/4/2019).

Maeva menyampaikan, selama kegiatan ini juga digelar workshop memberikan pelajaran bagaimana cara melukis diatas daun oleh Andhi Wahyudi.

"Untuk generasi muda mari manfaatkan momen ini untuk menambah wawasan kesenian khususnya melukis diatas daun, tentunya ini hal yang unik dan menarik," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini seniman Andhi Wahyudi mengatakan tujuan dari seni lukis diatas daun ini untuk mengoptimalkan dan memanfaatkan daun kering yang sudah jatuh dari pohonnya untuk dilukis dan menghasilkan karya seni yang unik dan sangat menarik.

"Lukisan diatas daun kering khususnya jenis daun pisang-pisangan ini tujuan untuk memanfaatkan menjadi hasil karya seni lukis, jadi tidak terbuang begitu saja di tempat sampah," kata Andhi.

Menurutnya, seni lukis diatas daun ini akan diperkenalkan dan di edukasi ke sekolah-sekolah bagaimana memanfaatkan limbah daun menjadi sebuah karya yang unik dan menarik. hal itu salah satu bentuk mengajak generasi muda untuk terus mencintai kesenian Indonesia.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES