Politik Prabowo-Sandi

BPN Laporkan Indikasi Kecurangan Pemilu 2019 ke Bawaslu RI dan KPU RI

Sabtu, 20 April 2019 - 22:24 | 69.35k
Konferenai Pers BPN Prabowo - Sandi (FOTO: BPN For TIMES Indonesia)
Konferenai Pers BPN Prabowo - Sandi (FOTO: BPN For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi telah melaporkan indikasi kecurangan yang terjadi dalam Pemilu 2019 kepada Badan Pengawas Pemilu RI (Bawaslu RI) dan Komisi Pemilihan Umum RI (KPU RI).

BPN Prabowo-Sandi menengarai ada sekitar 1.200 temuan kecurangan di berbagai wilayah. 

"Data yang sudah masuk ada 1.200 kasus yang mencerminkan indikasi kecurangan. Ini kami laporkan ke Bawaslu dan pihak-pihak lain," kata Direktur Komunikasi dan Media BPN Hashim Djojohadikusumo di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, Sabtu, 20 April 2019.

Lebih lanjut, Hasim memuturkan dugaan kecurangan di tingkat TPS terjadi saat proses pemungutan hingga perhitungan suara.

"Ada kertas suara digotong ke tempat yang tidak representatif, ada petugas KPPS nyoblos sendiri kertas suara hingga muncul angka yang fantastis," jelas Hashim. 

Oleh sebabnya, Hashim bersama BPN Prabowo-Sandi mendorong KPU RI dan Bawaslu RI untuk ambil langkah tegas untuk menciptakan pemilihan yang jujur dan adil.

"Kami menghargai segala kerja keras yang dilakukan oleh KPU dan Bawaslu. Kami yakin KPU dan Bawaslu terdiri dari orang-orang yang bertanggung jawab terhadap bangsa dan negara, serta menjunjung tinggi sumpah jabatan untuk menegakkan demokrasi di Indonesia," ucap Hashim.

Sementara itu Direktur Materi dan Debat BPN, Sudirman Said mengatakan dugaan kecurangan yang terjadi pada Pemilu 2019 sangat menghawatirkan. Menurutnya kecurangan bisa membahayakan demokrasi. "Jadi kecurangan ini menjadi warning, bahwa jangan sampai bangsa ini jatuh kepada proses menghalalkan segala cara untuk meraih kekuasaan," kata Sudirman. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES