Peristiwa - Nasional

Persepi: Kita Punya Quality Control dan Validasi Data Quick Count

Persepi: Kita Punya Quality Control dan Validasi Data Quick Count Ketua Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi) Philips Vermonte (FOTO: Twitter/@pjvermonte)
Sabtu, 20 April 2019 - 21:52

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sejumlah lembaga survei yang tergabung dalam Perhimpunan Survei Opini Publik (Persepi), melalui Ketua Umumnya Philips Vermonte, menanggapi pernyataan Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan koalisinya yang mempertanyakan hasil angka perhitungan cepat atau quick count sejumlah lembaga survei di Indonesia. 

Ia menjelaskan metode penetapan angka presentase telah melalui metode ilmiah dan teruji secara akademik serta memliki kualitas kontrol maupun validasi data quick count.

"Data-data yang diambil oleh survei ini dari berbagai TPS, C1 yang dikumpulkan oleh orang di lapangan, pergerakan datanya dan lain-lain yang sebetulnya semua dilakukan secara terbuka," ucap Philips kepada wartawan di bilangan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4/2019).

Misalnya, seperti SAIFULMUJANI Research and Consulting (SMRC-LSI) yang membuka pemaparan transparansi dalam memastikan ke akuratan hasil quick count

SMRC-LSI membeberkan bagaimana lembaganya membuat alur metodologi quick count, penarikan sampel quick count (flow chart penarikan sampel quick count), alur data quick count hingga quality control dan validasi data quick count

Data-data tersebut bisa secara terbuka diakses publik maupun media massa dalam menyebarkan informasinya. 

Menurut pihak SMRC-LSI yang juga tergabung dalam Persepi ini, quick count yang dilakukan sejak tanggal 17 itu terbuka untuk publik. Bahkan media bisa masuk ke dalam ruangan dan bisa melihat langsung bagaimana proses itu dilakukan yang berjalan dari pagi sampai malam hari. (*)

Jurnalis : Rizki Amana
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration