Politik

Perludem: KPU RI Jangan Coba-coba Main Mata

Perludem: KPU RI Jangan Coba-coba Main Mata Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Sabtu, 20 April 2019 - 20:41

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) mengingatkan Komisi Pemilihan Umum RI (KPU RI), agar tak main mata selama proses penghitungan suara. Pasalnya, sistem penghitungan yang transparan membuat semua publik dapat mengawasi kinerja KPU RI.

"KPU harus sangat cermat dan memastikan betul kinerja jajarannya karena semua mata melototi Situng," kata Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini di Jakarta, Sabtu (20/4/2019).

Sistem Informasi Penghitungan Suara atau Situng yang dibuat KPU RI bersifat terbuka dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Oleh karenanya, Titi berharap semua pihak yang terlibat betul-betul cermat dan hati-hati dalam menginput data.

"Jangan coba-coba untuk bermain mata karena sekarang kompetisi yang sangat sengit membuat semua pihak matanya tertuju kepada KPU," tukas Titi.

"KPU perlu memastikan dan mengawal kinerja jajarannya agar bekerja secara cermat, hati-hati dan betul-betul menjaga integritas," ulasnya.

Lebih lanjut, Titi menilai saat ini kemungkinan untuk berbuat curang sangat tidak mungkin. Hal itu dikarenakan kebijakan yang terbuka dan transparan terhadap publik.

"Jadi bekerjalah dengan benar menjaga nama baik KPU RI, menjaga kepercayaan masyarakat. Karena sekarang ini Situng itu semua dipelototi kedua belah pihak dan semua masyarakat meskipun hasil resmi cara manual," pesan Diektur Eksekutif Perludem itu. (*)

Jurnalis : Rahmi Yati Abrar
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration