Peristiwa Daerah

Terbuka Sajikan Hasil TPS, Perludem Apresiasi KPU RI

Sabtu, 20 April 2019 - 19:27 | 46.98k
Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)
Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), mengapresiasi keterbukaan Komisi Pemilihan Umum RI (KPU RI) dalam menyajikan hasil penghitungan suara dari TPS secara langsung.

"Kan itu salah satu usaha untuk memberi akses kepada publik dan bagian dari upaya transparansi dan keterbukaan KPU," ujar Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (20/4/2019).

Menurut Titi, keterbukaan tersebut merupakan upaya KPU RI menjaga akuntabilitas kerja jajarannya. Namun, di saat bersamaan diharapkan juga penyelenggara di tingkat bawah betul-betul menunjukkan kredibilitas dengan menjaga akurasi dan validitasnya.

"Memang transparansi dan keterbukaan KPU itu akhirnya mau tidak mau memberi ruang kepada kita (masyarakat) untuk ikut berpartisipasi. Di sanalah kita bisa ikut mengecek apakah ada kekeliruan, kesalahan atau ketidakakuratan," jelasnya.

Sementara itu, KPU RI menyediakan Sistem Informasi Penghitungan Suara atau Situng yang dapat diakses oleh publik. Dalam aplikasi tersebut, masyarakat bisa melihat data yang masuk dari TPS hingga hasil penghitungan suara.

"Dalam konteks itu memang keberadaan Situng dimaksudkan sebagai tindakan transparansi untuk memperkuat akuntabilitas kelembagaan KPU RI. Kita patut apresiasi dan memanfaatkan ruang keterbukaan itu untuk menjaga akurasi dan profesionalitas penyelenggara," tandas Direktur Eksekutif Perludem ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Jakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES