Pendidikan

Polbangtan Malang Lakukan Field Trip Integrasi ke Jateng

Kamis, 18 April 2019 - 20:46 | 26.78k
Kegiatan field trip integrasi oleh mahasiswa Polbangtan Malang di BBPTU HPT, Baturraden, Jawa Tengah. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)
Kegiatan field trip integrasi oleh mahasiswa Polbangtan Malang di BBPTU HPT, Baturraden, Jawa Tengah. (FOTO: Humas Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURWOKERTO – Mahasiswa Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan Polbangtan Malang melakukan field trip integrasi ke Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU HPT) di Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah(Jateng), Kamis (18/4/2019).

Perlu diketahui, BBPTU HPT Baturraden merupakan UPT (Unit Pelaksana Teknis) di bawah Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI).

Yendri selaku dosen pembimbing menjelaskan, field trip integrasi ini memasukkan beberapa mata kuliah yaitu Teknologi Produksi Ternak Perah dan Pemberdayaan Masyarakat.

Di BBPTU HPT Baturraden, mahasiswa dikenalkan kondisi dan kegiatan yang berlangsung. Endah, perwakilan dari BBPTU HPT Baturraden menguraikan, UPT-nya terdiri dari 3 farm yaitu Tegalsari untuk komoditas produksi sapi perah, Manggala untuk pembesaran, dan farm Pak Paliyus untuk kambing perah.

Mahasiswa juga dikenalkan dengan manajemen pemberian pakan, minum, perkandangan, kesehatan serta pembibitan yang penting agar mendapat bibit unggul berkualitas bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI).

Polbangtan.jpg

"Output yang didapat dari BPPTU HPT selain bibit unggul, juga terdapat produksi susu yang berkualitas baik daripada yang lain, akan tetapi bukan menjadi produk utama dari BPPTU HPT Baturraden ini," terang Endah kepada mahasiswa.

Ia menambahkan, manajemen Hijauan Pakan Ternak (HPT) sangat diperhatikan, demi mendapatkan bibit unggul untuk memenuhi peternakan dalam negeri agar mampu menghasilkan ternak yang sehat dan berkualitas.

Mengakhiri penjelasan, mahasiswa ditunjukkan video profil BPPTU HPT Baturraden. Acara dilanjutkan dengan diskusi sebelum mahasiswa berkunjung ke farm yang ada di BPPTU HPT Baturraden.

Siska Mahalia Dewi Purba, mahasiswa peserta field trip sempat menanyakan penerapan prinsip kesejahteraan hewan.

"Tidak menyakiti saat menggiring ternak, membebaskan ekspresi tingkah laku reproduksi, dan membebaskan exercise dan terdapat sapi perah yang menggunakan semi intensif, pagi bebas digembalakan, dan sore masuk kandang," urai Endah menjawab pertanyaan mahasiswa.

Kendati sempat diguyur hujan, mahasiswa Polbangtan Malang peserta field trip integrasi di BPPTU HPT Baturraden, Jateng ini, antusias mengikuti rangkaian kegiatan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES