Entertainment

Rolland Band Legendaris Yogyakarta Luncurkan Album Juara

Sabtu, 20 April 2019 - 12:03 | 165.97k
Personel Rolland Band Yogyakarta. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Personel Rolland Band Yogyakarta. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, YOGYAKARTA – Setelah sekian lama jarang muncul ke publik, Rolland Band meluncurkan album single teranyar berjudul Juara.

Nah, di tangan sang vokalis Petrus Rolland dengan dibantu aranger dari Semarang yaitu Ari Sulistyono, lirik Juara karya Dina Firli ini disulap menjadi sebuah lagu bergenre rock klasik yang bertenaga dan nempel di telinga.

“Album Single Juara ini untuk mengobati kerinduan penggemar,” kata Petrus saat menggelar konferensi pers di sebuah cafe di Yogyakarta, Sabtu (20/4/2019).

Personil-Rolland-Band-Yogyakarta2.jpg

Petrus mengingatkan, Rolland Band ini berdiri pada 22 Desember 1984 di Yogyakarta. Album teranyar yang diluncurkan Rolland Band menggambarkan tunas muda  bertumbuh sebagai penghela dan pemersatu bangsa, seiya sekata, saling melayani, tekun, taat serta setia memelihara kebhinekaan dengan hati riang gembira.

Pada akhirnya, almbum ini diharapkan menjadi daya dorong kesadaran kolektif masyarakat untuk bersatu, menciptakan Indonesia menjadi bangsa juara.

“Itulah salah satu pesan lagu ini,” terang Petrus.

Lirik Juara ditulis Dina Firli. Begitu pun model clip videonya juga melibatkan ibu dua putra alumni IKIP Semarang. Kesemuanya ini, lanjut Petrus, bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada Dina Firli, yang secara tidak langsung menjadi pemantik kelahiran kedua Rolland Band.

Video clip Juara, single Rolland Band sudah tayang di Youtube. Sejak diunggah sudah mulai menuai simpati publik rock dari berbagai penjuru negeri sekaligus membuktikan bahwa sebagai kampiun band rock, Rolland Band makin digdaya.

Pada era tiga setengah dasa warsa silam, warna bermusik Rolland Band boleh dibilang mengiblat pada Judas Priest. Nomor-nomor lagu yang diusungpun banyak mengambil hit-hit dari grup heavy metal kesohor asal Inggris. Ini membuat banyak orang mengidentikkan kelompok band heavy metal asal Yogyakarta ini sebagai Judas Priestnya Indonesia. Sekalipun demikian  bukan berarti Rolland hanya sekadar epigon.

Personil-Rolland-Band-Yogyakarta3.jpg

“Kami juga punya lagu ciptaan sendiri,” jelas Petrus Rolland.

Beberapa diantaranya berhasil memperoleh apresiasi tinggi dimasanya. Setiap kali membawakan lagu karya sendiri, terutama Teror, Gigolo, Percakapan Satu Kamar, fans yang berjejal memadati lapangan seperti terekstase, ikut bernyanyi sambil berjingkrakan. 

Diakhir atraksi Rolland Band selalu dikawal tentara serta polisi ketika turun dari atas stage. Kalau cuma sekuriti sipil sulit bisa diandalkan. Pengalaman menunjukkan, banyak penggemar, lelaki dan perempuan muda, mencoba nekat menerobos naik panggung saling berebut menghadiahi peluk dan cium.

Rolland Band selalu tampil garang, menyajikan tembang berirama heavy metal yang digandrungi masyarakat pecinta rock. Fenomena serupa terulang lagi pada Sabtu (23/2/2019) lalu.  Di atas stage tinggi berlatar belakang backdrop bertuliskan "Metal Tanpa Batas Rolland Reborn" berdiri kokoh di areal Kampanyo QT Squre  Rolland Band tampil perkasa dan liar kedati usia personilnya lebih dari separuh abad.

Diusia tuanya power suara Petrus sang vokalis masih prima seperti saat muda dulu. Dia mampu menyelesaikan 11 lagu pekak tanpa jeda. Sementara Yoyok, Ivan Sidharta dan Bento Jepang yang juga mulai beranjak tua masih sangat kompak. Melodi yang mereka petik, suara betotan bas dan gebukan drum terdengar serasi saling mengisi.

Suasana berubah sedikit sentimental saat Gigolo, Teror dan Percakapan Satu Kamar dilantunkan. Penontonpun sontak ikut bernyanyi bersama. Rupanya, kendati sudah berpuluh-puluh tahun tidak pernah lagi terdengar,  lagu-lagu top andalan Rolland Band masih dihafal penggemarnya. Mengharukan! 

“Konser Jogja sebagai testcase,” papar Petrus Rolland. 

Menurut dia, rencana grupnya kedepan sangat tergantung dari Juara, single terbaru Rolland Band, yang sudah rilis di youtube.  

“Kalau single ini diterima masyarakat, besar peluangnya menjadi modal menjelajahi berbagai kota besar menyulut semangat publik rock dengan energi Rolland Band yang masih membara,” imbuh Petrus, vokalis Rolland Band. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Yogyakarta

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES