Peristiwa Daerah

Polres Jember Ajak Elit Parpol Tetap Jaga Situasi Damai

Sabtu, 20 April 2019 - 08:38 | 39.24k
Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo bersama para elit partai politik di Jember, Forkopimda serta tokoh agama dan masyarakat saat menggelar deklarasi damai pascapemungutan suara Pemilu 2019, Jumat (19/4/2019). (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)
Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo bersama para elit partai politik di Jember, Forkopimda serta tokoh agama dan masyarakat saat menggelar deklarasi damai pascapemungutan suara Pemilu 2019, Jumat (19/4/2019). (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Pasca-pemungutan suara Pemilu 2019 di Jember, Jawa Timur, pada 17 April 2019 kemarin, Polres Jember menggalang para tokoh partai politik (parpol) dari pendukung masing-masing pasangan capres-cawapres, penyelenggara Pemilu, tokoh agama dan masyarakat, serta jajaran Forkopimda termasuk Kodim 0824 Jember. 

Mereka berkumpul untuk menyatakan sikap mendukung situasi damai dan kondusif di Jember melalui deklarasi damai.

Deklarasi damai tersebut digelar di Hotel Aston Jember, Jumat malam (19/4/2019).

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo mengatakan bahwa kegiatan tersebut didukung oleh seluruh komponen penyelenggara Pemilu yakni KPU Kabupaten Jember dan Bawaslu Kabupaten Jember, serta seluruh elit parpol pengusung masing-masing pasangan capres-cawapres di Jember.

"Disepakati oleh elemen masyarakat untuk sama-sama sabar dan menunggu keputusan resmi dari KPU dan tidak ada upaya meresahkan masyarakat dan merayakan kemenangan yang belum resmi diputuskan oleh KPU," kata Kusworo yang didampingi Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar kepada sejumlah awak media di lokasi kegiatan itu.

Kusworo juga berharap, meski nanti KPU merilis hasil penghitungan suara secara nasional (real count), tidak ada pihak parpol atau pendukung yang merayakan kemenangan secara berlebihan.

"Setelah keputusan KPU nanti, perayaan kemenangan tidak ada yang berlebihan sehingga bisa menciderai pihak lain. Sama-sama kita menjunjung tinggi menang bermartabat kalah terhormat agar tercipta Jember yang aman dan kondusif," harapnya.

Dia juga optimis, berkumpulnya para elit parpol bersama penyelengara Pemilu dan para tokoh masyarakat di Jember tersebut mampu meredam potensi kerawanan hingga ke level bawah.

Sementara, Ketua Badan Pemenangan Daerah Ardi Pujo mengapresiasi inisiasi dari Kapolres Jember yang mempertemukan kedua kubu pasca pilpres. Menurutnya, hal ini bisa membawa suasana hangat dan kondusif di wilayah. 

"Luar biasa Kapolres Jember agar membawa Jember lebih damai aman pasca Pemilu. Ini bisa menjadi contoh bagi kota lain agar kita membawa situasi pasca Pemilu lebih damai," tuturnya. 

Di samping Ardi, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Tabroni mengatakan, di Jember tim paslon 01 dan 02 bisa bergandengan tangan di bawah inisiasi positif dari Kapolres. 

"Hari ini kita berjalan baik-baik saja dan kondusif. Dan kami bertekad bulat sampai dengan penghitungan suara di tingkat Kabupaten Jember selesai kami 1 keluarga masyarakat Jember," tandasnya.

Ketua KPU Kabupaten Jember Ahmad Anis menyebut, Pemilu di Indonesia merupakan pemilihan terbesar di dunia karena melibatkan banyak elemen mulai dari Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan DPD. Hal ini kata dia, merupakan pengalaman berharga bagi bangsa. 

"Hari ini bangsa kita menunjukkan kedewasaan dengan berjalannya Pemilu yang aman dan damai," tuturnya. 

Anis berpesan agar masyarakat khususnya peserta Pemilu tidak termakan isu yang belum tentu kebenarannya terkait hasil suara. 

Dia meminta masyarakat menunggu hasil yang keluar dari KPU.

Soal kecurangan, Anis menyatakan kemungkinan seperti itu sangat minim karena di TPS ada berapa puluh pasang mata yang menjadi saksi. Mulai dari saksi 16 parpol, 2 saksi dari capres, dan dari masyarakat sendiri.

Dalam pengamanan Pemilu 2019 di Jember, Polres Jember menerjunkan ribuan personel yang juga didukung kekuatan dari Kodim 0824 Jember dan Linmas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES