Gaya Hidup

Berlebihan Menggunakan Gadget Sebabkan Anak Hiperaktif, Benarkah?

Berlebihan Menggunakan Gadget Sebabkan Anak Hiperaktif, Benarkah? ILUSTRASI - Anak bermain Gadget. (FOTO: orami.co.id)
Sabtu, 20 April 2019 - 06:06

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gadget bukanlah benda asing bagi anak-anak zaman sekarang. Bahkan, tak jarang mereka lebih piawai menggunakan gadget daripada orang tua. Jika anak mulai menunjukkan kecanduan gadget, orang tua harus waspada. Pasalnya, berlebihan menggunakan gadget dapat menjadikan anak hiperaktif.

Seperti dilansir dari Okezone, hasil terbaru dalam jurnal PLOS One menemukan anak-anak yang menatap layar gadget, entah itu ponsel, tablet, laptop, maupun televisi, selama lebih dari 2 jam memiliki kemungkinan delapan kali lipat menjadi anak hiperaktif.

Hasil ini didapatkan setelah peneliti mewawancarai kurang lebih 2.427 orangtua yang memiliki anak usia 5 tahun. Para orangtua diberikan pertanyaan seputar perilaku anak dan durasi menatap layar.

Hasilnya, sebagian besar anak-anak menghabiskan waktu 1 jam 24 menit untuk menatap layar setiap hari. Sementara 13 persen anak menatap layar lebih dari 2 jam. Semakin lama seorang anak menghabiskan waktu di depan layar, maka semakin besar kemungkinan mereka memiliki masalah perilaku yang terkait dengan gangguan attention-deficit atau hyperactivity (ADHD).

Selain itu, anak-anak yang menatap layar lebih dari 2 jam sehari memiliki kemungkinan hampir enam kali lebih besar mengalami masalah perhatian atau fokus.

Untuk menghindari anak berlebihan menggunakan gadget, orang tua bisa membiasakan anak melakukan aktivitas fisik di luar ruangan. Anak bisa diajak olahraga atau bermain hal yang menyenangkan lainnya. Kegiatan ini selain mencegah anak hiperaktif juga bisa bermanfaat untuk kesehatan anak seperti mencegah obesitas karena anak bisa aktif bergerak. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Okezone

Komentar

Loading...
Registration