Gaya Hidup

Bukan Setengah Matang, Ini Cara Makan Telur agar Menjadi Makanan Sehat

Bukan Setengah Matang, Ini Cara Makan Telur agar Menjadi Makanan Sehat ILUSTRASI: (FOTO: Hello Sehat)
Sabtu, 20 April 2019 - 03:26

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Telur menjadi lauk atau makanan favorit banyak orang. Selain kandungan gizinya, telur sangat mudah diolah menjadi berbagai macam masakan. Namun Anda jangan sembarangan makan telur. Anda perlu mengolah telur menjadi makanan sehat agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Telur mengandung protein, vitamin dan mineral. Dalam sebutir telur terdapat kandungan protein, vitamin D, vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, folat, dan iodium. Mengonsumsinya setiap hari pun cukup dianjurkan.

Agar mendapatkan manfaat telur, mengolah telur juga ada aturannya. Seperti dilansir dari fimela.com, telur sebagai bagian dari protein lengkap yang amat dianjurkan sejak usia dini pun lebih mudah dicerna dalam keadaan matang sempurna, bukan setengah matang apalagi mentah.

Selain itu, dilansir dari nhs.uk, sebaiknya tidak menambahkan garam atau lemak pada telur yang dimasak untuk dikonsumsi. Untuk membuat telur orak arik misalnya, bisa menggunakan susu rendah lemak tanpa mentega. Telur yang digoreng, kandungan lemaknya bisa meningkat sekitar 50 persen.

Tak ada rekomendasi atau ketentuan pasti berapa banyak telur yang bisa kita konsumsi setiap harinya. Anak-anak, ibu hamil, dan orang tua sangat dianjurkan mengonsumsi telur yang sudah benar-benar matang. Bagian putih dan kuning telur harus benar-benar padat (matang) sebelum dikonsumsi untuk mencegah terjadinya keracunan makanan atau infeksi.

Bagi yang ingin mendapatkan manfaat maksimal dari telur untuk dikonsumsi sehari-hari, dianjurkan makan telur rebus yang matang sempurna. Imbangi juga dengan konsumsi serat yang seimbang dan bahan makanan sehat kaya nutrisi serta vitamin lainnya untuk kesehatan tubuh. (*)

Jurnalis : Tria Adha
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Fimela

Komentar

Loading...
Registration