Peristiwa Daerah

Buka Kemah Bahasa Arab, Bupati Faida: Bahasa Arab Penting untuk Pembangunan SDM

Jumat, 19 April 2019 - 18:03 | 184.99k
Bupati Jember dr Faida saat menerima piagam dari penyelenggara Kemah Bahasa Arab di IAIN Jember, Jumat (19/4/2019). (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)
Bupati Jember dr Faida saat menerima piagam dari penyelenggara Kemah Bahasa Arab di IAIN Jember, Jumat (19/4/2019). (FOTO: Dody Bayu Prasetyo/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBER – Bupati Jember dr Faida mengapresiasi mahasiswa yang mengambil sikap untuk mendalami bahasa Arab dalam Kemah Bahasa Arab.

Sebab, menurutnya, bahasa menjadi pembuka kunci hubungan. Baik hubungan antar-manusia maupun hubungan antar-negara.

"Saya salut kepada mahasiswa yang mengambil sikap memilih jurusan bahasa Arab," kata Faida dalam pembukaan Kemah Bahasa Arab di Kampus IAIN Jember, Jumat (19/4/2019). 

Bahasa Arab, lanjut bupati,  adalah salah satu bahasa terbesar ketiga di dunia. Indonesia sendiri merupakan negara muslim terbesar di dunia.

Karena itu, menurut orang nomor satu di Jember ini, bahasa Arab termasuk bagian penting dari pembangunan sumber daya manusia. 

Dari pentingnya posisi bahasa tersebut, Faida mengingatkan mahasiswa agar dapat memanfaatkan ilmu dan kompetensi yang dimiliki sebagai satu kunci berpartisipasi aktif di tengah masyarakat.

"Jadilah mahasiswa yang peduli, karena kepedulian adalah pembuka silaturahim yang paling ampuh membawa kemaslahatan di dunia dan di akhirat," tuturnya. 

Dia berharap, selain aktif dalam berorganisasi, mahasiswa mempunyai peran, seperti mengajar bahasa Arab di beberapa negara di Asia. 

"Menjadikan peran yang nyata, profesi ini akan sangat bermanfaat bagi bangsa Indonesia," ungkap perempuan pertama yang menjadi Bupati Jember ini.

Kemah Bahasa Arab dihelat oleh Ittihadu Thalabati al Lughah al Arabiyah bi Indonesia (ITHLA) atau Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab Indonesia.

Ketua Umum DPP ITHLA Indonesia M. Fikri Ghifan mengajak semua peserta untuk memanfaatkan kesempatan berada di Jember dengan bertukar pikiran dan gagasan. "Mengembangkan kemampuan sosial masing-masing," katanya.

Wakil Rektor II IAIN Jember Hepni menyampaikan, Kemah Bahasa Arab untuk mempertajam struktur dan kepekaan intelektual mahasiswa di dalam mengahadapi tantangan ke depannya. 

Ia berharap peserta Kemah Bahasa Arab dapat memiliki keunggulan atas mahasiswa yang lain dengan memiliki kecepatan belajar, dan memperkuat visi misi kemahasiswaan  dalam memajukan peradaban bangsa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES