Pendidikan

Mahasiswa Indonesia Raih Piala Trinity College USA

Mahasiswa Indonesia Raih Piala Trinity College USA Tim Robotika UMM berhasil meraih kemenangan dalam “Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest di Trinity College Hartford”, Amerika Serikat. (Foto: Belmawa Kemristekdikti for TIMES Indonesia)
Jum'at, 19 April 2019 - 13:46

TIMESINDONESIA, MALANG – Tim Robotik mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil meraih kemenangan dalam “Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest di Trinity College Hartford”, Amerika Serikat, pada 13-15 April 2019.

Mereka memenangkan dua jenis kategori, yaitu kategori Robot Berkaki (juara 1 dan 2) dan kategori Robot Beroda (juara 2).  

Kemenristekdikti akan memberikan penghargaan kepada seluruh anggota. “Kami punya beasiswa ekstrakulikular, kedua pada tanggal 02 Mei mereka akan dihadirkan dan diberi apresiasi,” kata Direktur Kemahasiswaan, Belmawa, Didin Wahidin dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (19/4/2019).

Penghargaan rencananya akan diberikan langsung oleh Menristekdikti, Moh Nasir, serta Dirjen Belmawa, Ismunandar.

Didin menambahkan, Bangsa ini adalah bangsa besar yang siap bertanding dengan bangsa lain dan siap bersanding dengan bangsa lain, oleh karena itu generasi muda memang semestinya memiliki kepercayaan diri.

Anggota Tim Robotika UMM itu terdiri dari lfan Achmadillah Fauzi sebagai perancang pemograman, Rohmansyah sebagai perakit perangkat keras, serta seorang perempuan bernama Ken Dedes Maria Khunty yang mengurusi bagian mekanik. 

Kunci keberhasilan sebagai tim yang jadi juara dunia ialah koordinasi. “Koordinasi itu harus, terutama dari mas Rohman dan Mbak Ken di awal-awal itu harus sesuai dengan keputusan riset masing-masing,” ujar Fauzi.

Sebelum berangkat ke Amerika, Tim Robotika UMM ini menjadi juara I pada kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) dalam gelaran Kontes Robot Indonesia (KRI) yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Belmawa. 

Setelah menjadi juara, melalui surat penugasan Ditjen Belmawa Kemenristekdikti Republik Indonesia No. T/274/B3.1/KM/02.04/2019 mereka diberangkatkan ke Amerika Serikat untuk mengikuti kontes robot internasional yang kini mereka juarai.

Tujuan pengiriman juara KRI pada kompetisi Internasional adalah untuk memberikan kesempatan bagi ilmuwan potensial untuk mengasah kemampuannya dan mencapai prestasi dalam tingkat internasional. Mahasiswa UMM itu, kini sudah ada di Malang, membawa pulang Piala Trinity College USA.(*)

Jurnalis : Ivan Iskandaria (MG-69)
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration