Ekonomi

Jelang Puasa Ramadhan, Harga Kebutuhan Pokok di Tuban Meroket

Jumat, 19 April 2019 - 12:52 | 61.98k
Salah seorang warga yang sedang berbrlanja di pasar baru Tuban, Jum'at, (19/04/2019). (FOTO: Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)
Salah seorang warga yang sedang berbrlanja di pasar baru Tuban, Jum'at, (19/04/2019). (FOTO: Achmad Choirudin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pasar Baru Kabupaten Tuban Bumi Wali, melonjak naik jelang puasa Ramadhan dan usai gelaran Pemilu serentak 2019, yang berlangsung pada Rabu 17 April 2019.

Berdasarkan pantauan dilapangan, sejumlah kebutuhan pokok yang mengalami lonjakan harga diantaranya, harga Bawang Merah, Bawang Putih, Cabai, Telur dan Tomat.

Salah seorang pedagang di pasar baru Tuban, Rumiyatun mengaku, harga sejumlah kebutuhan pokok mulai melonjak sejak sebelum pelaksanaan Pemilu 2019.

Namun demikian, lonjakan harga yang terjadi sebelum pelaksanaan pPemilu, tidak seberapa dibandingkan paska pelaksanaan Pemilu. "Harga bahan pokok sudah mulai merangkak naik sebelum Pemilu kemarin, dan sekarang masih terus naik," papar Rumiyatun, Jumat (19/04/2019).

Dia merincikan, harga cabai rawit merah saat ini berada di kisaran Rp 22 ribu perkilogram, sebelumnya hanya Rp 13 ribu perkilogram. Naik hampir dua kali lipat.

Kemudian bawang merah yang sebelumnya hanya Rp 15 ribu perkilogram sekarang menjadi Rp 37-38 ribu perkilogram, harga bawang putih sebelumnya hanya kisaran Rp 20 ribu sekarang menjadi Rp 45 ribu perkilogram. 

Sementara untuk harga Tomat yang sebelumnya Rp 8 ribu sekarang menjadi Rp 12 ribu perkilogram dan harga Telur dari Rp 21 ribu sekarang menjadi Rp 23 ribu perkilogram. 

"Meski harganya naik tapi tidak begitu mempengaruhi pembeli. Bahkan meningkat karena ini juga mau menjelang bulan puasa," tandas pedagang asal Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang tersebut.

Sementara itu, pedagang lain Sutomo juga mengungkapkan jika beberapa hari ini harga kebutuhan pokok, seperti cabai, bawang nerah, bawang putih melonjak naik. "Harga naik bukan karena stok kurang, melainkan setelah pelaksanaan Pemilu dan menjelang puasa Ramadhan," tandas Sutomo pedagang di Pasar Baru Tuban Bumi Wali ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Tuban

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES