Gaya Hidup

Ragam Manfaat Lidah Buaya, Bisa Mencegah Penuaan Dini Lho!

Ragam Manfaat Lidah Buaya, Bisa Mencegah Penuaan Dini Lho! ILUSTRASI - Perawatan Wajah dengan Lidah Buaya. (FOTO: Hello Sehat)
Jum'at, 19 April 2019 - 07:02

TIMESINDONESIA, JAKARTAManfaat lidah buaya untuk rambut, wajah, dan kecantikan sudah tidak perlu diragukan. Lidah buaya memiliki kandungan yang diperlukan tubuh seperti glukosa, antioksidan, kalsium, natrium, magnesium, dan vitamin A, B, C, E, dan folat. Selain itu, lidah buaya juga memiliki sifat antipenuaan alami dan antiradang, serta mengandung tujuh dari delapan asam amino esensial. Karena itu tak heran lidah buaya bisa mencegah penuaan dini.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari kesehatan rambut hingga kesehatan kulit.

1. Melembapkan kulit

Manfaat lidah buaya untuk wajah dipercaya dapat membantu melembapkan kulit. Oleh karena itu, bagi Anda yang memiliki kulit berminyak dapat menggunakan tanaman ini sebagai pelembap. Sementara untuk kulit kering, lidah buaya dapat membantu membuat wajah Anda tetap lembap.

2. Menyamarkan bekas jerawat

Lidah buaya memiliki sifat penyembuhan dan anti-inflamasi yang dapat mengurangi inflamasi pada kulit. Tidak hanya itu saja, manfaat lidah buaya untuk kecantikan juga dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru sehingga kulit akan sembuh dengan lebih cepat dan alami. Karena itulah, khasiat lidah buaya untuk wajah ini dipercaya membantu menyembuhkan jerawat.

3. Mengatasi penuaan dini

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan mulai memperlihatkan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan hilangnya kelenturan pada kulit. Lidah buaya untuk wajah menjadi bermanfaat karena kandungan yang kaya akan beta-karoten, vitamin C dan E yang membantu meningkatkan kekencangan kulitdan menjaganya tetap terhidrasi.

4. Mencerahkan kulit

Kulit terbakar matahari bisa diobati dengan lidah buaya secara alami, dan hal yang sama berlaku untuk bintik-bintik gelap di wajah. Sementara bertindak sebagai pengelupas alami untuk membersihkan kulit sel yang berlebih, manfaat lidah buaya untuk wajah juga berfungsi untuk menurunkan produksi pigmentasi, menyeimbangkan kulit yang lebih terang dan lebih cerah.

Selain itu, jika Anda sedang hamil maka bintik atau bercak hitam adalah sesuatu yang umum dialami. Guna mengatasi hal ini, ibu hamil dapat memanfaatkan gel lidah buaya untuk menyamarkan bercak hitam, di mana pada akhirnya akan membuat kulit tampak cerah.

5. Membersihkan makeup

Membersihkan makeup menjelang tidur adalah sesuatu yang wajib Anda lakukan. Karena kulit wajah di sekitar mata sangat halus, sehingga jika tidak dibersihkan hal itu dapat menyebabkan gangguan kulit seperti keriput dini dan bahkan infeksi.

Maka tidak mengherankan, gel lidah buaya adalah penghapus makeup yang bagus untuk wajah, karena membersihkan dengan lembut dan alami. Itu adalah cara yang aman dan efektif untuk menyegarkan wajah.

6. Melembutkan kulit

Ingat, lidah buaya bukan hanya baik digunakan pada wajah saja, lidah buaya ternyata dapat merawat kulit dari ujung kepala hingga ujung kaki. Musim panas yang panjang bisa membuat kulit terasa kasar, terlihat kering dan pecah-pecah. Lidah buaya memiliki efek pelembutan yang luar biasa pada kulit dan dapat membantu memperbaiki kulit pecah-pecah.

7. Menyembuhkan luka

Tidak banyak obat yang bisa meringankan rasa gatal secara lembut seperti lidah buaya. Hal ini bisa terjadi karena sifat pelembap alami dan kandungan antioksidan yang kuat melindungi dan membangun kembali sel kulit yang rusak. Lidah buaya sangat efektif mengobati luka bakar.

Studi terbaru menemukan bahwa luka bakar tingkat pertama dan kedua yang diobati dengan lidah buaya sembuh rata-rata sembilan hari lebih cepat daripada yang tidak diobati.

8. Menjaga kondisi rambut tetap optimal

Manfaat lidah buaya untuk rambut bisa didapatkan karena kandungan vitamin A, B-12, C, E dan folat di dalamnya. Semua kandungan tersebut dapat membuat rambut berkilau, mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dan mencegah kerontokan. Oleskan gel lidah buaya secara menyeluruh dari akar hingga ujung rambut. Diamkan satu jam kemudian bilas rambut hingga bersih.

Itulah beragam manfaat lidah buaya untuk wajah, rambut, dan kecantikan, bahkan mencegah penuaan dini yang bisa Anda dapatkan. Jika Anda malas melakukan perawatan kecantikan, Anda bisa memanfaatkan lidah buaya untuk merawat kecantikan, lho. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Berbagai Sumber

Komentar

Loading...
Registration