Peristiwa - Nasional

Begini Bedanya Quick Count, Real Count dan Exit Poll

Begini Bedanya Quick Count, Real Count dan Exit Poll Pemilu 2019
Kamis, 18 April 2019 - 19:22

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Rakyat Indonesia sudah selesai berpesta demokrasi untuk Pemilihan presiden (Pilpres 2019) dan pemilihan legislatif (Pileg) pada Rabu, 17 April 2019. Namun, pesta belum benar-benar selesai. Setelah hari pencoblosan, beberapa lembaga survei sudah merilis hasil quick count, ada juga yang melakukan survei exit poll, dan KPU juga secara bertahap sudah melakukan perhitungan secara real count nantinya. Lalu, apa perbedaan diantara quick count, real count dan exit poll? Berikut ulasannya.

Quick Count
Quick count atau hitung cepat beberapa jam setelah masyarakat mencoblos, dilakukan untuk melihat prediksi awal siapa yang akan keluar sebagai pemenang. Quick count dilakukan oleh lembaga survei yang kredibel dengan metode ilmiah dan bisa dipertanggung jawabkan. 

Salah satu pelaku survei senior, Eep Saefulloh mengatakan quick count itu berguna tapi ada batasnya. Dan tidak bisa dipakai membuat konklusi resmi

"QC (quick count) hanya bisa dipakai sebagai bahan prediksi awal. Tak bisa dipakai untuk merumuskan konklusi. QC berguna tapi ada batasnya. Tak bisa dipakai membuat konklusi resmi," ujar Eep.

Real Count
Real count (RC) adalah perhitungan resmi yang dilakukan KPU (Komisi Pemilihan Umum). Bedanya dengan quick count, perhitungan suara secara real count dilakukan dengan berjenjang mulai dari tiap TPS, Kecamatan, Kabupaten, dan Provinsi berdasarkan data valid hasil scan C1. Oleh karenanya hasil perhitungan real count membutuhkan waktu yang lebih lama. 

Perhitungan suara berdasarkan real count juga menjadi acauan resmi yang akan dijadikan KPU untuk menetapkan pemenang pemilu. KPU diagendakan selesai melakukan penghitungan suara pada tanggal 22 Mei 2019, dan secara resmi akan mengumumkan pemenang pilpres maupun pileg pada bulan Juni.

Exit poll
Exit poll (EP) adalah survei juga berbeda dengan real count dan quick count. EP dilakukan dengan cara mewawancarai secara langsung pemilih yang baru keluar dari TPS, di hari pencoblosan. 

Sampel ditentukan secara random (acak) dan proporsional (berimbang) untuk mendapatkan gambaran populasi. Hasil exit poll tentunya dapat diketahui lebih cepat dibanding quick count dan real count karena datanya diambil dengan metode wawancara langsung.

Jurnalis : Ainul Yaqin (MG-86)
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration