Ketahanan Informasi

Kodim 0824 Jember Tetap Siaga Paska Pemungutan Suara

Kodim 0824 Jember Tetap Siaga Paska Pemungutan Suara Pelaksanaan bantuan Perkuatan TNI pada Pengamanan Pemilu 2019
Kamis, 18 April 2019 - 10:33

TIMESINDONESIA, JEMBER – Meskipun Pemungutan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 terlaksana dengan lancar di Kabupaten Jember, namun kegiatan pengamanan masih terus dilaksanakan.

Pelaksanaan pengamanan tersebut dilakukan hingga keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan kemenangan hasil pemilihan legislatif maupun pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI, yaitu hingga akhir tahapan yaitu pengambilan sumpah janji Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2019.

Bantuan-Pemilu-2.jpg

Terkait bantuan pengamanan dari unsur TNI, Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar saat dikonfirmasi pada Kamis (18/4/2019) menyampaikan bahwa tugas pemberian bantuan pengamanan unsur TNI kepada Polri dalam hal ini Polres Jember terus berjalan hingga akhir tahapan Pemilu 2019.

"Saat ini Bintara Pembina Desa (Babinsa) sedang membantu pengamanan pengembalian logistik Pemilu dari TPS ke PPS bahkan sebagian sudah ke PPK," terang Arif.

Namun, lanjutnya, dalam rangka mengantisipasi perkembangan situasi di tahapan-tahapan Pemilu 2019 tersebut kekuatan yang diturunkan dalam mengamankannya juga disesuaikan dengan kebutuhan.

"Bergantung pada analisa kerawanannya dan lain-lain," ungkap dia.

Bantuan-Pemilu-3.jpg

Dia wnerangkan, untuk mengantisipasi perkembangan situasi pra maupun pasca pemungutan suara Pemilu 2019 ini pihaknya menyiagakan pasukan TNI dari 14 - 18 April 2019. "Itupun bisa berubah sesuai dinamika perkembangan situasi wilayah," katanya.

Dalam memberikan bantuan perkuatan pada pengamanan tahapan Pemilu 2019 ini,  Kodim 0824 Jember senantiasa selalu siap menurunkan pasukan TNI sesuai dengan permintaan Polres Jember.

"Kami fleksibel saja seperti saat ini kami juga diperkuat oleh pasukan dari unsur TNI Angkatan Laut 15 personel dan Paskhas TNI Angkatan Udara 20 personel," bebernya.

Arif juga menamahkan bahwa saat aman seperti ini pihaknya tetap dalam keadaan siap. "Kemudian melaksanakan patoli-patroli bersama Polri dan aparat keamanan lainnya dalam memelihara kondisi aman tersebut," tegas Komandan Kodim 0824 Jember(*)

Jurnalis : Siswandi (CR-125)
Editor : AJP-10 Editor Team
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration