Peristiwa - Daerah

Quick Count Digugat, Kosgoro Serukan Semua Kubu Menahan Diri

Quick Count Digugat, Kosgoro Serukan Semua Kubu Menahan Diri Ketua Umum PPK Kosgoro Hayono Isman dalam sebuah kegiatan mengenang pendiri Kosgoro, Mas Isman. (FOTO: Istimewa)
Kamis, 18 April 2019 - 08:34

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Munculnya dua klaim berbeda menanggapi hasil exitpoll dan hitung cepat (quick count) mengundang keprihatinan PPK Kosgoro. Kendati sejauh ini dua metode pengumpulan quick count Pilpres dan Pileg 2019 ini tidak ada yang aneh. Namun, dua klaim berbeda antara kubu capres 01 dan 02 tak bisa dianggap enteng.

Sekjen PPK Kosgoro Hari Widodo, silang suara dan saling klaim ini sudah masuk pada upaya membangun opini yang mengiring masyarakat untuk terpolarisasi secara langsung pada dua kekuatan masing-masing paslon, 01 atau 02.

"Ketika ada upaya agar masyarakat kembali dilibatkan secara langsung dalam ‘ruang panas’ ini, di sinilah muncul potensi masalah yang bisa menjadi ‘krusial’," kata Hari dalam pernyataan pers di Jakarta, Kamis (18/4/2019).

"Dan mungkin akan melebar dan masuk ke relung-relung kehidupan sosial masyarakat," tambahnya.

Kondisi ini, lanjut Hari, memerlukan kedewasan sikap. Siapa pun yang merasa masih mampu berpikir jernih, mampu menjadi panutan banyak orang untuk menahan diri dari berbagai ekspresi sebelum tiba waktunya KPU, mengumumkan pemenang Pilpres 2019 

"Kosgoro tidak ingin berandai-andai dan juga tidak ingin tampil bersuara dengan segala teori politik dan demokrasi, kecuali satu hal, yakni agar seluruh masyarakat se-Indonesia menahan diri, berpikir jernih," ujarnya.

"Kendalikan emosi dan fanatisme dukungan serta bersabar menunggu keputusan resmi lembaga yang berwenang," tambahnya.

Kata Hari, Kosgoro hanya melihat satu kepentingan dari Pemilu ini, yakni kepentingan bangsa dan negara yang harus di jaga agar tidak menjadi hancur hanya karena kepentingan kelompok.

"Jangan mudah terpancing oleh berbagai provokasi, jangan ungkapkan ekspresi berlebihan yang dapat menimbulkan gesekan sosial, sabar dan kembali pada aktifitas masing-masing. Tetap pantau dan kawal kebenaran. Kosgoro akan selalu kritis terhadap kondisi ini dan akan selalu terdepan memastikan kepentingan masyarakat tidak terganggu atau bahkan terkorbankan," ujar Sekjen PPK Kosgoro Hari Widodo menanggapi exitpoll dan quick count. (*)

Jurnalis : Yayat R Cipasang
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Jakarta

Komentar

Loading...
Registration