Peristiwa Daerah

Warga Kampung ini Pakai Kunyit Sebagai Pengganti Tinta dalam Pemilu 2019

Rabu, 17 April 2019 - 20:02 | 72.34k
TPS Benda Kerep Cirebon mengganti tinta biru dengan ekstrak kunyit berwarna kuning. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
TPS Benda Kerep Cirebon mengganti tinta biru dengan ekstrak kunyit berwarna kuning. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)

TIMESINDONESIA, CIREBON – Ada yang unik pada Pemilu 2019 .Warga Kampung Benda Kerep, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat tak menggunakan tinta (kimiawi) yang ditetapkan oleh KPU. Mereka menggunakan tinta berbahan alami yaitu kunyit.

Ketua KPU Kota Cirebon Didi Nursidi membenarkan hal tersebut. Ia menyebut ada empat TPS yang menggunakan kunyit di Kampung Benda Kerep, yakni TPS 57, 58, 59 dan 60. Total DPT di empat TPS itu mencapai 894 jiwa.

Didi mengatakan KPU tak mempermasalahkan penggunaan kunyit, sebab ini merupakan tradisi warga yang sangat relijius. "Masyarakat itu percaya kalau benda yang melekat di tubuhnya, bukan alamiah akan menghalangi wudu. Sehingga diperbolehkan, kita menjaga tradisi. Itu sudah sejak lama," ucapnya. 

Berkat penggunaan kunyit pengganti tinta yang diterapkan di Kampung Benda Kerep ini partisipasi warga makin tinggi. "Partisipasinya tinggi, rata-rata antara 80 sampai 90 persen dari total DPT," tegasnya.

Sementara itu Ketua TPS 57 Kampung Benda Kerep Muhammad Yahya Al Mubarok senang kampungnya diperbolehkan menggunakan kunyit sebagai pengganti tinta penanda telah mencoblos.

"Ini tradisi kami, untuk menjaga kebersihan dan kesucian saat beribadah. Kunyit bahan alami, sehingga menghilangkan keraguan masyarakat," terangnya.

Ia mengungkap warga Kampung Benda Kerep, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat sedari pagi sudah bersemangat ke TPS untuk sukseskan Pemilu 2019(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Detikcom

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES