Sabtu, 21 September 2019
Peristiwa - Daerah

Gakkumdu Bawaslu Kota Batu Amankan Pria Misterius di TPS

Gakkumdu Bawaslu Kota Batu Amankan Pria Misterius di TPS Ilustrasi. Suasana pemilihan di Kecamatan Bumiaji yang aman meski sempat didatangi pria misterius. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Rabu, 17 April 2019 - 17:04

TIMESINDONESIA, BATU – Gakkumdu Bawaslu Kota Batu terpaksa mengamankan seorang pria misterius yang mencurigakan di sebuah TPS 22 di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Rabu (27/4/2019).

Pria yang mengaku intel dari Polres Batu ini memasuki beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang dan dua kecamatan di wilayah Kota Batu.

Bak seorang petugas sesungguhnya, laki-laki berinisial AP ini memasuki TPS, membantu petugas KPPS, bahkan di salah satu TPS di Desa Pendem, beberapa warga menyaksikan pria ini membuka segel kotak suara.

Komisioner Hukum, Sengketa dan Penanganan Pelanggaran, Bawaslu Kota Batu, Supriyanto membenarkan bahwa Gakkumdu mengamankan seorang laki-laki yang masuk beberapa TPS dan mengarahkan pemilih agar memilih salah satu calon Presiden.

“Masih kita mediasi, sabar ya, nanti pada waktunya akan kita berikan penjelasan,” kata Supri. Melengkapi pemeriksaan, Bawaslu mendatangkan psikiater untuk memeriksa kejiwaan laki-laki ini.

Hal senada juga dikemukakan oleh Kasat Reskrim Polres Batu, AKP Anton Widodo, ia mengatakan masih meminta keterangan terhadap pria yang diamankan Gakkumdu tersebut.

“Masih kita mintai keterangan, masih belum jelas apa yang terjadi, keterangan dia hanya bantu-bantu menata logistik,” kata Anton.

Keterangan yang dihimpun dari berbagai sumber, laki-laki misterius ini mulai terlihat di salah satu TPS di Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso.

Pria ini masuk ke TPS dengan cara mengaku Intel polisi. Namun di TPS ini, ia hanya sebentar kemudian hilang.

Ternyata setelah itu yang bersangkutan menuju ke TPS 10, Dusun Caru Pendem sekitar pukul 06.30, ditempat ini laki-laki yang keseharian seorang kenek bus ini berjalan-jalan, kemudian membenahi bilik suara yang agak miring, kemudian keluar dari TPS.

Kemudian, ia menuju ke TPS 27 yang letaknya tidak jauh dari TPS 10. Ditempat ini ia membuka segel kotak suara, kemudian memeriksa surat suara. Setelah itu mengajak pemilih untuk memilih salah satu Paslon kemudian pergi meninggalkan TPS.

Selepas itu, laki-laki ini menggunakan motor menuju ke TPS 22,Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, sekitar pukul 09.00. Pria misterius ini memarkir motornya di rumah saudaranya yang tidak jauh dari TPS 22.

Kemudian ia berjalan kaki menuju TPS 22, ditempat ini mencoba masuk ke dalam TPS tetapi dicegah oleh Polisi dan TNI, hingga ia diamankan oleh pria dan menyerahkan ke Gakkumdu.

Gakkumdu Bawaslu Kota Batu terpaksa mengamankan seorang pria misterius yang mencurigakan di sebuah TPS 22 di Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Rabu (27/4/2019). (*)

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Registration