Peristiwa Daerah

Genjot Antusiasme Pemilih, Probolinggo Lombakan TPS Unik

Rabu, 17 April 2019 - 13:53 | 42.46k
Petugas TPS di perkampungan nelayan mengenakan pakaian unik ala anak SD, Sakera dan Marlena. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)
Petugas TPS di perkampungan nelayan mengenakan pakaian unik ala anak SD, Sakera dan Marlena. (FOTO: Dicko W/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Warga Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo memiki cara berbeda untuk mengundang partisipasi warga di Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019). Didominasi nelayan dan petani, TPS di lokasi pesisir ini dibangun dengan beragam keunikan.

Ada TPS yang dibuat unik yang sekaligus diperlombakan oleh ketua penyelenggara. Salah satunya di TPS 3, mereka mengenakan seragam anak Sekolah Dasar, merah putih, lengkat dengan topi dan dasi. Ada pula berpakaian ala Sakera dan Madura, serta pakaian ala pejuang.

Petugas-TPS-anak-SD2.jpg

Di permukiman nelayan ini, baru pertama kali digelar TPS unik dan diperlombakan. Dengan inisiatif ini, warga setempat tampak berbondong-bondong ke TPS mencoblos Pilpres dan Pileg 2019.

Taufiqurrohim, Ketua PPS (Panitia Pemungutan Suara) mengatakan adanya lomba TPS unik sengaja dilakukan guna meningatkan kesadaran warga setempat pada Pemilu 2019 ini yang sebelumnya sangat rendah untuk menggunakan hak suaranya.

“Pada Pemilu sebelumnya, sebagian warga harus sibuk dengan pekerjaannya sebagai nelayan da bertani. Pemilu tahun ini Alhamdulillah, 95 persen warga datang ke TPS, dengan cara unik yang kami lakukan ini,” kata pria yang akrab disapa Taufiq ini.

Para peserta lomba pun turut senang dan bangga dengan situasi ini, karena dinilai tahun ini adalah Pemilu yang cukup meriah di desanya. Mereka bangga karena warga banyak yang datang ke TPS.

"Senang dan gembira, karena suasananya begitu meriah. Semua TPS di sini kompak membuat ragam TPS unik. Sungguh senang rasanya. Karena dengan ini, membuat masyarakat ingin datang ke TPS melihat keunikan-keunikan ini,” ujar Ulfa Maimuna, Ketua KPPS pada TPS 6.

Menurut panitia penyelenggara, juara 1 TPS paling unik pada Pemilu 2019 di Kabupaten Probolinggo ini akan mendapatkan hadia sebanyak Rp 1juta, juara kedua Rp 750 dan juara ketiga Rp 500 ribu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES