Peristiwa - Daerah

Ribuan Santri Gontor Ponorogo Nyoblos di Pondok

Ribuan Santri Gontor Ponorogo Nyoblos di Pondok Suasana TPS Tambahan di Ponpes Gontor Ponorogo. (FOTO: Evita m/TIMES Indonesia)
Rabu, 17 April 2019 - 14:44

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Ribuan Santri PP Darussalam Gontor dari luar daerah juga menyalurkan hak suaranya di TPS tambahan, yang berlokasi di dalam pesantren,  (17/4/2019)

Selain PP. Gontor KPU Ponorogo juga memfasilitasi kurang lebih 10 TPS  berbasis daftar pemilihan tambahan ( DPTb). Sebagian besar DPTb di domisili oleh para santri yang bermungkim di pondok pesantren. Menurut data KPU total terbanyak di Pondok Modren Darussalam Gontor, Kecamatan Mlarak, PP Al Iman Putri desa Pondok Babadan.

"Santri yang punya hak pilih cukup banyak mendominasi DPTb di Ponorogo," ungkap Munajat Komisioner Divisi Data KPU Ponorogo

Pantauan TIMES Indonesia, TPS DPTb yang berada di PP. Darussalam Gontor terpecah menjadi 3 di sebabkan jumlah santri yang punya hak pilih tak sedikit. Total keseluruhan yang terdaftar untuk berjumlah 1.323 orang/ Santri.

"Total dari Santri Gontor saja ada 1.323 pilih tambahan," tambahnya

Meski sudah disediakan TPS tambahan para santri masih juga harus mengantre untuk bisa menyalurkan hak pilihnya.  Walau antre dan menunggu cukup lama, kondisi tersebut tidak menurunkan animo santri untuk menyukseskan pemilu 2019.

"Khusus PP Gontor sesuai usulan awal memang harus di pecah lebih dari satu TPS untuk mengurangi banyaknya pemilih," Kata Munajat.

Sebagian besar pemilih di PP. Gontor kalangan Santri jadi hanya dapat menyalurkan hak suaranya untuk pilpres saja. Ini dikarenakan banyak dari para santri yang berasal dari luar provinsi. Bahkan di PP Gontor hanya ada 20 lembar surat suara DPD yang disediakan. Lantaran hanya ada 20 orang/ santri yang berasal dari daerah pemilihan dan di provinsi yang sama.

"Paling besar Pilpres, karena rata-rata kurang dari seratus orang/santri  Gontor beralamatkan di luar provinsi," ucapnya. (*)

Jurnalis : Evita Mukharomah (MG-74)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Ponorogo

Komentar

Loading...
Registration