Peristiwa - Daerah Pemilu 2019

Pertama Kali Nyoblos, Pemilih Pemula di Madiun Masih Bingung

Pertama Kali Nyoblos, Pemilih Pemula di Madiun Masih Bingung Sejumlah pemilih pemula mengikuti pemungutan suara di TPS 09 untuk kali pertama. (FOTO: Yupi Apridayani/TIMES Indonesia)
Rabu, 17 April 2019 - 13:28

TIMESINDONESIA, MADIUN – Pengalaman pertama mengikuti pemungutan suara Pemilu 2019 bagi pemilih pemula di Kabupaten Madiun ternyata cukup membingungkan. Bukan hanya tata cara mencoblos, banyaknya nama calon legislatif (caleg) membuat mereka butuh waktu cukup lama di bilik suara.

"Bingung pilih yang mana. Soalnya nggak ada yang kenal," ujar Bilqis Nafidah Aza, pemilih pemula yang nyoblos di TPS 09 Desa/Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun, Rabu (17/4/2019).

Pelajar kelas XII itu mengaku awam dengan para caleg. Dia pun terpaksa membaca satu persatu nama yang ada di surat suara. Itu pun tidak cukup membantunya menentukan pilihan.

"Tadi agak lama karena harus baca dulu. Jarang caleg yang sosialisasi di TV sih. Cuma calon presiden saja," ujarnya.

Soal tahapan dan tata cara mencoblos, Bilqis juga mengaku belum paham betul. Menurutnya, sosialisasi oleh KPU tidak menyentuh semua pemilih sebayanya. Meskipun ada sosialisasi di sekolah, hanya perwakilan siswa saja yang mengikuti.

Secara umum, pelaksanaan pemungutan suara hingga satu jam sebelum ditutup relatif aman dan lancar. Juga tidak ditemukan kendala berarti bagi pemilih. Petugas  KPPS juga cukup kooperatif dengan warga yang memilih terutama yang berusia lanjut.

"Hingga saat ini masih berjalan lancar. Cuma tadi ada warga yang tidak bawa C6 hanya menunjukkan e-KTP. Terpaksa dilayani setelah jam 12," ungkap Satriya Hadi Saputra, petugas pengawas desa.

Selain pengawas desa, ada beberapa saksi dari parpol peserta Pemilu 2019 di Kabupaten Madiun. Mereka juga menyatakan tidak ada temuan dan kendala berarti dalam pelaksanaan pemungutan suara di TPS 09. (*)

Jurnalis : Yupi Apridayani
Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki
Sumber : TIMES Madiun

Komentar

Loading...
Registration