Sabtu, 20 April 2019
Peristiwa - Daerah

Inilah TPS Unik di Kabupaten Lamongan pada Pemilu 2019

Inilah TPS Unik di Kabupaten Lamongan pada Pemilu 2019 TPS 002 unik dengan dekorasi pelaminan di Desa Pringgoboyo, Kecamatan Maduran, Lamongan, Rabu, (17/4/2019). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Rabu, 17 April 2019 - 15:03

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Ada banyak cara yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayah Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, untuk menarik antusiasme dan partisipasi masyarakat. Warga menuangkannya ide kreatifnya dengan membuat Tempat Pemungutan Suara atau TPS unik di Pemilu 2019 ini.

TPS unik dengan berbagai tema pun tersaji di wilayah Kabupaten Lamongan, seperti TPS 2  Desa Gedangan, Kecamatan Maduran. Sebagai penghasil gerabah, TPS 2 memamerkan berbagai kerajinan gabah Desa Gedangan, PPS-nya pun berpakaian pengrajin gerabah.

TPS-Unik-2.jpg

Sementara itu, di TPS 006, Desa Kesambi, di Kecamatan Pucuk dan ada pula TPS yang menyuguhkan barang-barang bekas menjadi hiasan warna-warni dengan cara digantung TPS.

Lain halnya dengan TPS 002, Desa Pringgoboyo, Kecamatan Maduran ini, TPS dengan dekorasi layaknya pesta pernikahan, lengkap dengan pelaminan di pilih sebagai tema. Selain itu, di TPS 14, Desa Takerharjo, Kecamatan Solokuro, mencomot tema ekstrim dengan cara menyambut pemilih dengan pakaian metal.

Berbeda lagi dengan TPS 10, di Desa Wateswinangun, Kecamatan Sambeng. Pelaksanaan Pemilu yang tak jauh dengan momen peringatan Hari Kartini 2019, yang jatuh setiap 21 April itupun dipilih sebagai tema.

TPS-Unik-3.jpg

“Semua KPPS-nya memakai baju kartini. Dan KPPS-nya semua cewek,” ujar MH Fatkhur Rohman Komisioner KPU Lamongan Divisi SDM dan Parmas, Rabu, (17/4/2019).

Menurutnya, TPS di Kabupaten Lamongan, juga banyak yang mengusung konsep adat dan budaya Indonesia. “Banyak juga yang mengunakan adat Jawa, Bali dan pakaian abang noneng,” katanya.

Fatkhur menambahkan, berbagai kreasi TPS unik di Pemilu 2019 ini, mampu menarik antusiasme dan partisipasi masyarakat Lamongan untuk menyalurkan hak pilihnya. (*)

Jurnalis : Ardiyanto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Lamongan

Komentar

Loading...
Registration