Peristiwa - Daerah

Hari Pencoblosan, Begini Pemilu 2019 di Mata Pemilih

Hari Pencoblosan, Begini Pemilu 2019 di Mata Pemilih TPS 168 Gang Mawar I Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019). Foto: Rahmi Yati Abrar/TIMES Indonesia
Rabu, 17 April 2019 - 13:37

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hari ini seluruh rakyat Indonesia berpesta merayakan Pemilu 2019. Setelah melewati masa kampanye dan masa tenang, tibalah saatnya untuk menyalurkan hak pilih melalui bilik-bilik suara yang disediakan di tempat pemungutan suara (TPS).

Pantauan TIMES Indonesia di TPS 168 Gang Mawar I Kelurahan Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, para pemilih mulai berdatangan sejak pagi, dan mengantre dengan tertib.

Pertama kali digelar serentak, lalu bagaimana penilaian pemilih terhadap pemilu 2019?

Seorang pemilih bernama Hana (26) mengatakan, pemilu kali ini menyenangkan meski sedikit memakan waktu.

"Ya seru, happy. Cuma memang lumayan lama dari nunggu dipanggilnya sampe nyoblosnya," akunya kepada TIMES Indonesia, Rabu (17/4/2019).

Menurut Hana, ada sedikit kendala selama proses pencoblosan. Kertas yang terbilang besar membuat pemilih kesulitan membuka dan melipat kembali surat suara.

"Selebihnya sih seneng, semangat buat nyoblos. Dan yang penting aman dan lancar pemungutan suara di TPS, semua tertib," ungkapnya.

Sementara itu untuk pelayanan petugas di TPS, Hana menilai cukup profesional. Pemilih yang sedang antre giliran juga disediakan air minum kemasan.

"Ya cukup puas dengan pelayanan petugas yang berjaga karena ramah dan memberi arahan yang jelas bagi warga yang dateng," tutur Ibu satu anak itu.

Hana mengaku tidak datang sendirian. Ia ke TPS bersama anggota keluarganya, yakni sang suami Irwin (27), si kecil Arsya (3), nenek Rohaidah (65) dan juga sang kakek, Euyem (75), seorang veteran yang kini harus menggunakan kursi roda karena terkendala masalah kesehatan dan usia.

"Buat orang sakit kayak abah yang gak bisa jalan pun sebenernya bisa difasilitasi dengan dikunjungi ke rumah, cuma karena tadi abah udah dateng ke TPS jadi tetep dilayani dan didampingi pas nyoblos," cerita Hana.

Sementara pemilih lainnya, Yusuf (23) mengaku sangat antusias dengan Pemilu 2019. Sebab, ini pertama kalinya dirinya memilih calon presiden dan wakil presiden serta para calon legislatif di hari yang sama. "Saya agak kagok soalnya kertasnya besar dan banyak. Udah gitu saya cuma kenal beberapa nama doang, itu yang saya coblos," seloroh pemuda milenial itu. (*)

Jurnalis : Rahmi Yati Abrar
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Loading...
Registration