Peristiwa - Daerah

Tampil Beda, Petugas KPPS di Kabupaten Malang Memakai Baju Adat

Tampil Beda, Petugas KPPS di Kabupaten Malang Memakai Baju Adat Suasana pemilihan di TPS Karangduren Pakisaji yang petugas KPPSnya mengenakan pakaian Gatot Kaca (Foto : Binar Gumilang / TIMES Indonesia)
Rabu, 17 April 2019 - 11:44

TIMESINDONESIA, MALANG – Para Petugas KPPS di Kabupaten Malang berlomba-lomba tampil beda dengan mengenakan baju adat saat melayani masyarakat di TPS untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

Hal ini seperti terlihat di beberapa TPS di Kabupaten Malang, Rabu (17/4/2019). Seperti di salah satu TPS di Desa Karangduren, Kecamatan Pakisaji, yang seluruh petugas KPPSnya menggunakan pakaian Gatot Kaca.

Begitupula di TPS 24 Ardimulyo, Kecamatan Singosari, seluruh petugas KPPS mengenakan pakaian dari beberapa adat di Indonesia. Sedangkan petugas KPPS TPS 04 Purwoasri, Singosari, mengenakan adat Jawa Timuran.

Sedangkan beberapa TPS di Kabupaten Malang juga didesain seunik mungkin untuk menarik minat masyarakat menggunakan hak pilihnya. Seperti di Kecamatan Kromengan ada TPS yang didesain tempat pernikahan.

Sedangkan salah satu TPS di Singosari, didesain layaknya seperti pesta ulang tahun. Camat Singosari Eko Margianto mengatakan, desain unik TPS merupakan kreativitas dari masyarakat untuk menarik minat masyarakat.

"Masyarakat secara swadaya mendesain TPS seunik mungkin. Hal ini merupakan bentuk kepedulian warga terhadap kesuksesan pesta demokrasi Pemilu 2019," ujar Eko Margianto kepada TIMES Indonesia.

Dia menjelaskan, sebagai pimpinan wilayah, mengapresiasi kreativitas warga dalam mendesain unik TPS yang ada di wilayahnya masing-masing.

"Masyarakat turut berkontribusi terhadap kesuksesan penyelenggaraan Pemilu kali ini," terangnya.

Menurutnya, berkat kreativitas warga mendesain unik TPS dan sekaligus petugas KPPS tampil beda mengenakan baju adat, menjadikan banyak pemilih yang berbondong-bondong menggunakan hak pilihnya.(*)

Jurnalis : Binar Gumilang
Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Loading...
Registration