Pendidikan

SMK PP akan Tampilkan Pengusaha Muda Pertanian di Millennial Indonesian Agro Preneur

Selasa, 16 April 2019 - 23:03 | 110.63k
Produk pengusaha muda pertanian SMK PP Negeri 1 Tegalampel Bondowoso, yang akan ditampilkan dalam pameran di Botani Square Bogor (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Produk pengusaha muda pertanian SMK PP Negeri 1 Tegalampel Bondowoso, yang akan ditampilkan dalam pameran di Botani Square Bogor (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sebagai sekolah dengan jargon "Go Enterpreneur", SMK Negeri 1 PP Tegalampel Bondowoso, akan menampilkan pengusaha muda pertanian, dalam ajang pameran bertema ‘Millennial Indonesian Agro Preneur’. 

Sengaja ditampilkannya pengusaha muda pertanian, agar kaum milenial lebih senang jadi pengusaha khususnya di bidang pertanian, dibandingkan jadi pegawai, baik swasta maupun negeri. 

Stik-Buah-Naga-2.jpg

Adapun rata-rata yang diikutkan dalam pameran itu, adalah siswa kelas X. Diantaranya, Dwi Abar Kusuma, Aisyah Humairoh, dan beberapa siswa lainnya yang dipilih. 

Salah seorang pembimbing dalam pembuatan produk yang akan ditampilkan, Dewi Yulita mengatakan, pameran itu memang salah satu ajang dimana para pengusaha muda pertanian itu unjuk diri. 

“Bahwsanya mereka bisa menghasilkan produk-produk yang layak dihargai, seperti produk yang sudah terkenal,” katanya, Selasa (16/4/2019). 

Dari SMK PP Tegalampel sendiri, mengeluarkan enam produk, empat diantaranya produk pengolahan, dua produk agribisnis tanaman hortikultura. 

Produk pengolahan diantaranya adalah produk Be Cambe atau snack kecambah, stick naga merah, Kopi Jahe Sehat (Kojahat), yang keempat adalah yang terbaru yaitu VCO (Virgin Coconut Oil).

“Dan produk turunan, dimana siswa kami memanfaatkan ampas kelapa, itu tidak menjadi barang buangan tetapi menjadi produk yang masih memiliki nilai jual,” jelasnya. 

Sementara persiapan untui mengikuti pameran itu, dari segi produk dipastikan sudah siap. Sudah 90 persen untuk tampil dalam kegiatan di Botani Square. 

Dipilihnya produk-produk itu, dari sekian banyak produk, karena merupakan produk terbaru. Karena SMK PP Tegalampel, selalu menampilkan sesuatu yang baru. 

Produk-produk itu, merupakan karya siswa kelas X, meski masih duduk di Kelas X sudah berkarya, dan layak untuk ditampilkan. 

“Yang menjadikan produk ini spesial, karena ini merupakan kreasi siswa sendiri. Saya sebagai pembimbing hanya menambahkan, memberikan masukan agar produk yang dihasilkan ada nilai lebihnya. Misalnya agar lebih renyah dan lain-lain,” akunya. 

Pameran bertema ‘Millennial Indonesian Agro Preneur’ yang akan diikuti SMK Negeri 1 PP Tegalampel Bondowoso, akan berlangsung di Botani Square Bogor, mulai tanggal 18 sampai 21 April 2019. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES