Peristiwa Daerah

Diduga Politik Uang, Caleg DPR RI dari Partai Gerindra Diamankan Gakkumdu

Selasa, 16 April 2019 - 18:39 | 106.85k
ILUSTRASI - Politik uang (FOTO: liputan6)
ILUSTRASI - Politik uang (FOTO: liputan6)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, mengamankan seorang Caleg DPR-RI yaitu MR, nomor urut 7 Dapil II Jatim, Probolinggo-Pasuruan, di jalan Pantura Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Selasa (16/4/2019).

Ia diamankan karena diduga melakukan politik uang. Ia diamankan oleh penyidik Gakkumdu. Saat diamankan petugas menukan barang bukti uang tunai sebanyak Rp 40 juta, yang diduga untuk keperluan politik uang. Selain itu, petugas juga menamankan stiker Capres dan Cawapres Prabowo-Sandi no urut 02, dan bahan kampanye lainnya.

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto, membenarkan peristiwa tersebut. Bahwa penyidik Gakkumdu telah mengamankan seorang Caleg DPR-RI tersebut. ”Iya, nanti kita kabari perkembangan berikutnya. Kita masih cek Gakkumdu dan Bawaslu Kabupaten Probolinggo,” tutur Eddwi, kepada TIMES Indonesia.

“Ini yang menangani dari Polda Jatim, nanti tunggu kabar selanjutnya,” sambung Eddwi.

Sementara itu, menurut Zaini Gunawan, Komisioner Bawaslu Kabupaten Probolinggo, memang ada yang diamankan atau OTT. Namun, pihaknya masih belum berani menyimpulkan itu politik uang atau bukan.

“Ia sudah dibawa ke Mapolres Probolinggo. Caleg (MR) akan diproses oleh Gakkumdu dan dimintai keterangan. Kaos dan uang yang ada di dalam mobil belum dibagi-bagikan kepada konstituen. Namun, terindikasi uang puluhan juta itu akan dibagi-bagikan kepada masyarakat untuk memilih si caleg maupun Capres-Cawapres yang diusung partainya,” terang Zaini, bagian bidang Divisi SDM.

Menurut Zaini, uang tersebut masih utuh, masih belum dibagikan. Caleg DPR RI berinisial MR dari Partai Gerindra, yang diamankan Gakkumdu itu selanjutnya digeser ke Bawaslu Kabupaten Probolinggo, untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Hingga berita ini ditulis, TIMES Indonesia belum mendapatkan pernyataan dari pihak MR. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES